DPAD Yogyakarta

AKUISISI ARSIP (Sebuah Resume Hasil Dilkat Akuisisi Arsip)

 Artikel Kearsipan  27 December 2010  Super Administrator  13309  4299

Akuisisi berasal dari bahasa Inggris acquisition, artinya proses penambahan khasanah arsip dengan cara menerima arsip bernilai guna pertanggungjawaban nasional atau Arsip Statis dari  lembaga Negara dan badan-badan pemerintah, swasta, perorangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Terminologi Kearsipan Indonesia ( 2002:3 ) mendefinisikan akuisisi sebagai tindakan dan prosedur penambahan khasanah arsip pada lembaga kearsipan yang dilakukan melalui penyerahan resmi dari lembaga pencipta arsip dan atau pusat arsip organisasi yang bersangkutan. Akuisisi pada umumnya akibat transfer resmi karena ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Istilah lain dari akuisisi arsip adalah pengumpulan arsip, seperti disebutkan pada pasal 7 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 105 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Arsip Statis oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, Lembaga Kearsipan Provinsi, dan/atau Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota dilaksanakan melalui kegiatan penilaian, penataan, dan pembuatan daftar Arsip Statis.

Artikel Kearsipan Lainnya

Sistem Kearsipan Zaman Hindia Belanda Sistem Kearsipan Zaman Hindia Belanda
 3 April 2008  6539

Kearsipan merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan penyimpanan warkat atau surat-surat dan dokumen-dokumen kantor lainnya....

PENGELOLAAN ARSIP KARTOGRAFI PENGELOLAAN ARSIP KARTOGRAFI
 9 October 2010  3131

Rencana Umum Pengadaan Rencana Umum Pengadaan
 26 January 2011  2422

BACK OFFICE DAN LAYANAN PADA ARSIP DAERAH PROVINSI DIY BACK OFFICE DAN LAYANAN PADA ARSIP DAERAH PROVINSI DIY
 27 December 2010  2859

Lembaga kearsipan daerah mempunyai dua peran utama yang bersifat  internal dan eksternal. Secara internal, kedudukan lembaga...