DPAD Yogyakarta

AKUISISI ARSIP (Sebuah Resume Hasil Dilkat Akuisisi Arsip)

 Artikel Kearsipan  27 December 2010  Super Administrator  11192  3311

Akuisisi berasal dari bahasa Inggris acquisition, artinya proses penambahan khasanah arsip dengan cara menerima arsip bernilai guna pertanggungjawaban nasional atau Arsip Statis dari  lembaga Negara dan badan-badan pemerintah, swasta, perorangan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Terminologi Kearsipan Indonesia ( 2002:3 ) mendefinisikan akuisisi sebagai tindakan dan prosedur penambahan khasanah arsip pada lembaga kearsipan yang dilakukan melalui penyerahan resmi dari lembaga pencipta arsip dan atau pusat arsip organisasi yang bersangkutan. Akuisisi pada umumnya akibat transfer resmi karena ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Istilah lain dari akuisisi arsip adalah pengumpulan arsip, seperti disebutkan pada pasal 7 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 105 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Arsip Statis oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, Lembaga Kearsipan Provinsi, dan/atau Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota dilaksanakan melalui kegiatan penilaian, penataan, dan pembuatan daftar Arsip Statis.

Artikel Kearsipan Lainnya

SISTEM KEARSIPAN DALAM MENUNJANG EFISIENSI KERJA SISTEM KEARSIPAN DALAM MENUNJANG EFISIENSI KERJA
 21 December 2009  7740

Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Informasi tertulis yang tepat harus tersedia apabila diperlukan...

PERBEDAAN ARSIP DAN BAHAN PERPUSTAKAAN (BUKU) oleh Rusidi* PERBEDAAN ARSIP DAN BAHAN PERPUSTAKAAN (BUKU) oleh Rusidi*
 23 January 2017  15089

Tulisan yang tidak populer dan tidakmenarik ini saya buat karena prihatin setelah menyaksikan banyak dokumen-dokumenpenting yang...

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN ARSIP PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN ARSIP
 11 October 2010  3886