DPAD Yogyakarta

ARSIP DESA , SEBAGAI BUKTI KEGIATAN PEMBANGUNAN

 Artikel Kearsipan  27 December 2010  Super Administrator  3535  3441

Pekerjaan  kearsipan menjadi suatu kebutuhan  dan keharusan yang perlu diperhatikan oleh setiap instansi, baik pemerintah maupun  swasta. Arsip tercipta seiring berjalannya  aktivitas instansi bersangkutan. Semakin besar instansi maka arsip yang tercipta pun semakin banyak. Permasalahan yang terkait dengan penemuan kembali arsip yang dibutuhkan tentunya semakin kompleks, sehingga membutuhkan pengelolaan arsip yang tepat.

            Permasalahan  pengelolaan kearsipan tidak hanya  menjadi milik organisasi besar saja, melainkan juga organisasi kecil, misalny di orgnissi tingkat pemerintah desa yang memiliki tanggungjawab pelayanan kepada masyarakat yang permintaannya tidak mengenal waktu / jam kerja.

            Buruknya pengelolaan arsip di desa pasti akan menjadi kendala keterlambatan proses layanan. Oleh karena itu, Pemerintah Desa juga perlu memperhatikan  pengelolaan arsip jika ingin sukses dalam melayani publik. Layanan dapat diberikan dengan cepat apabila arsip tertata dengan baik.

Artikel Kearsipan Lainnya

Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat
 6 August 2008  3059

Surat dinas merupakan sarana komunikasi yang umum digunakan di lingkungan instansi baik pemerintah maupun swasta disamping...

APA ITU FOTO UDARA? APA ITU FOTO UDARA?
 9 October 2010  2519

PERBEDAAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PERBEDAAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN
 21 December 2009  13738

Persoalan mendasar yang dihadapi para pengelola kearsipan sebenarnya bukan terletak  pada sulitnya menerapkan suatu sistem...