DPAD Yogyakarta

BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DIY Peran dan Fungs

 Artikel Kearsipan  23 December 2009  Super Administrator  582  2631

Globalisasi menuntut setiap orang yang memiliki samangat kompetitif untuk berpikir dan bertindak secara efektif dan efisien. Era ini juga menuntut kecepatan dan ketepatan informasi. Penguasaan informasi menggantikan peran senjata dalam perang konvensional. Penguasaan informasi akan menetukan hegemoni suatu bangsa.

Dalam rangka berkompetisi di era yang tidak tersekat lagi oleh batas-batas budaya, politik, sosial, dan teritorial initidak ada bangsa yang dapat menutup akses dengan dunia luar. Keleluasaan akses terhadap informasi dan kemampuan untuk memberdayakan informasi akan mempengaruhi kemajuan dan perkembangan kualitas suatu bangsa.  Demikian juga ketersediaan sumber informasi yang accesible menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan. Bahkan dalam piagam hak azasi manusia disebutkan bahwa memperoleh informasi dan memanfaatkannya dalam rangka mengembangkan kehidupan pribadi dan lingkungan sosial merupakan salah satu hak azasi yang harus dihormati.

Begitu juga dalam ranka mengembangkan kemajuan masyarakat serta menciptakan pemerintahan yang transaparan dibutuhkan ketersediaan informasi yang cepat, akurat, daqn lengkap. Penyelenggaraan pemerintahan yang menjamin transparansi serta kebebasan memperoleh informasi harus dilandasari azas manfaat dan diarahkan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat, baik daqlam proses pengambilan kebijakan, pelaksanaan roda pemerintahan, pengawasan publik terhadap lembaga penyelenggara pemerintahan, serta proses berbangsa dan bermasyarakat secara keseluruhan.

Artikel Kearsipan Lainnya

Ekspose Hasil Pembinaan Kearsipan Sekolah dan BUMD 2018 Ekspose Hasil Pembinaan Kearsipan Sekolah dan BUMD 2018
 7 December 2018  3075

Kamis, 5 Desember 2018 BPAD DIY dan Dikpora dalam rangka penyampaian hasil pembinaan kearsipan sekolah dan BUMD maka...

KEWENANGAN LEMBAGA KEARSIPAN PROPINSI  BERDASARKAN UNDANG-UNDANG KEWENANGAN LEMBAGA KEARSIPAN PROPINSI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG
 24 January 2014  4056

Dalam Undang-Undang Nomor 43  Tahun 2009 organisasi kearsipan terdiri dari unit kearsipan dan lembaga kearsipan. Unit kearsipan...