DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip D

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  414  3180

DATA PLAN TRAY FILING SYSTEM
Semacam baki yang terbuat dari plastik atau metal untuk menyimpan arsip secara horizontal, vertical ataupun kombinasi antara horizontal dan vertikal.

DESK TRAY
Tempat untuk menympan arsip yang dapat diletakkan diatas meja atau diatas peralatan lainnya.

DESKRIPSI
Rincian informasi yang terkandung dalam arsip yang dimaksudkan sebagai sarana penemuan, terdiri dari lima unsur: bentuk redaksi, isi singkat, tingkat perkembangan, tanggal dan bentuk luar.

DESKRIPSI ARSIP
Gambaran informasi secara menyeluruh dari khasanah / koleksi arsip dapat dengan jalan mendeskripsi arsip. Pendeskripsian arsip biasanya menggunakan kertas fisches dengan ukuran tertentu.

DINAS ARSIP DAN DOKUMENTASI
Perangkat pelaksana daerah dalam bidang kearsipan dan dokumentasi, disebut juga Arsip Jayakarta (SK. Gubernur KDKI Jakarta Nomor 396 tahun 1977). Berdasarkan Peraturan Daerah Propinsi Daerah Khusus lbukota Jakarta Nomor 3 Tahun 200 tentang Bentuk Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah dan Sekretariat Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Dinas Arsip dan Dokumentasi Propinsi OKI Jakarta menjadi Kantor Arsip Daerah Propinsi OKI Jakarta.

DISPOSAL
Kegiatan yang berhubungan dengan pemusnahan arsip yang tidak mempunyai nilai kegunaan lagi, sehingga arsip tersebut tidak perlu disimpan.

DOKUMENTASI
Kumpulan bahan-bahan bukti baik dalam bentuk tulisan, cetakan, rekaman maupun gambargambar yang dilakukan secara selektif, sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan kehidupan kemanusiaan.

DOKUMEN
Warkat asli yang dipergunakan sebgai alat pembuktian atau sebagai bahan untuk mendukung suatu keterangan, berupa semua bahan pustaka, baik yang berbentuk tulisan, cetakan maupun yang berbentuk rekaman lainnya seperti pita suara/kaset, video tapes, film, fitrip, slide, microfilm, micrifiche, gambar dan foto.

DOKUMEN DAERAH
Dokumen berupa karya tulis / cetak yang isinya mengandung gagasan atau saran tentang penyelenggaraan kehidupan Daerah yang bersifat umum baik nilai materi maupun keterbukaannya.

DOSIR
Himpunan arsip suatu urusan tertentu yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

DOSIR CANDAK
Hasil proses penghimpunan arsip suatu urusan tertentu yang penggarapannya belum rampung, yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

DOSIR IRAS
Hasil proses penghimpunan arsip suatu urusan tertentu yang penggarapannya belum rampung atau sudah rampung yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan yang merupakan pelengkap/pendamping dosir tuntas atau dosir candak.

DOSIR PELAKSANAANNYA
1. Penetapan arsip tulis dilakukan dalam bentuk berkas dan arsip inaktif dilakukan dalam bentuk dosir;
2. Arsip tulis aktif yang dikuasai oleh Sekretaris Pengolah dikelompokan menurut kesamaan masalah dalam suatu urusan, dihimpun dalam suatu berkas;
3. Berkas arsip inaktif yang dikuasai oleh Induk Tata usaha yang masalahnya saling berkaitan mengenai suatu urusan, dihimpun dalam suatu dosir.

DOSIR TUNTAS
Dosir suatu urusan tertentu yang penggarapannya tuntas yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip P
 22 May 2010  4733

PEDOMAN KEARSIPANSuatu naskah tertulis yang berisi segala karangan yang diperlukan mengenai pekerjaan arsip / dokumen dalam suatu organisasiPELAKSANAAN PENATAAN1. Penataan arsip tulis aktif dilakukan dalam bentuk berkas dan arsip inaktif dilakukan...

Istilah Arsip K
 22 May 2010  2651

KARTU KENDALIIsian (Kartu) untuk mencatat surat-surat yang masuk / keluar yang tergolong surat penting. Kartu kendali juga berfungsi sebagai alat penyimpanan surat, dan penemuan kembali.KEGIATAN KEARSIPANKegiatan dalam bidang pembinaan, pengolahan...

Istilah Arsip L
 22 May 2010  1451

LABELPetunjuk yang memuat keterangan tentang berkas-berkas atau arsip yang ada didalam tempat penyimpanan arsip (map, boks dan lemari arsip).LAMINASIMenutup selembar kertas diantara dua lembar plastik yang diletakan diatas hidrolik press yang...

Istilah Arsip T
 22 May 2010  1553

TANGGUNG JAWABArsip sesuai dengan Undang-undang yang berlaku menjadi wewenang dan tanggungjawab Pemerintah. Pemerintah berkewajiban untuk mengamankan arsip, sebagai bukti pertanggungjawaban nasional, yang penguasaannya berdasarkan perundingan atau...