DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip D

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  734  5328

DATA PLAN TRAY FILING SYSTEM
Semacam baki yang terbuat dari plastik atau metal untuk menyimpan arsip secara horizontal, vertical ataupun kombinasi antara horizontal dan vertikal.

DESK TRAY
Tempat untuk menympan arsip yang dapat diletakkan diatas meja atau diatas peralatan lainnya.

DESKRIPSI
Rincian informasi yang terkandung dalam arsip yang dimaksudkan sebagai sarana penemuan, terdiri dari lima unsur: bentuk redaksi, isi singkat, tingkat perkembangan, tanggal dan bentuk luar.

DESKRIPSI ARSIP
Gambaran informasi secara menyeluruh dari khasanah / koleksi arsip dapat dengan jalan mendeskripsi arsip. Pendeskripsian arsip biasanya menggunakan kertas fisches dengan ukuran tertentu.

DINAS ARSIP DAN DOKUMENTASI
Perangkat pelaksana daerah dalam bidang kearsipan dan dokumentasi, disebut juga Arsip Jayakarta (SK. Gubernur KDKI Jakarta Nomor 396 tahun 1977). Berdasarkan Peraturan Daerah Propinsi Daerah Khusus lbukota Jakarta Nomor 3 Tahun 200 tentang Bentuk Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah dan Sekretariat Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Dinas Arsip dan Dokumentasi Propinsi OKI Jakarta menjadi Kantor Arsip Daerah Propinsi OKI Jakarta.

DISPOSAL
Kegiatan yang berhubungan dengan pemusnahan arsip yang tidak mempunyai nilai kegunaan lagi, sehingga arsip tersebut tidak perlu disimpan.

DOKUMENTASI
Kumpulan bahan-bahan bukti baik dalam bentuk tulisan, cetakan, rekaman maupun gambargambar yang dilakukan secara selektif, sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan kehidupan kemanusiaan.

DOKUMEN
Warkat asli yang dipergunakan sebgai alat pembuktian atau sebagai bahan untuk mendukung suatu keterangan, berupa semua bahan pustaka, baik yang berbentuk tulisan, cetakan maupun yang berbentuk rekaman lainnya seperti pita suara/kaset, video tapes, film, fitrip, slide, microfilm, micrifiche, gambar dan foto.

DOKUMEN DAERAH
Dokumen berupa karya tulis / cetak yang isinya mengandung gagasan atau saran tentang penyelenggaraan kehidupan Daerah yang bersifat umum baik nilai materi maupun keterbukaannya.

DOSIR
Himpunan arsip suatu urusan tertentu yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

DOSIR CANDAK
Hasil proses penghimpunan arsip suatu urusan tertentu yang penggarapannya belum rampung, yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

DOSIR IRAS
Hasil proses penghimpunan arsip suatu urusan tertentu yang penggarapannya belum rampung atau sudah rampung yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan yang merupakan pelengkap/pendamping dosir tuntas atau dosir candak.

DOSIR PELAKSANAANNYA
1. Penetapan arsip tulis dilakukan dalam bentuk berkas dan arsip inaktif dilakukan dalam bentuk dosir;
2. Arsip tulis aktif yang dikuasai oleh Sekretaris Pengolah dikelompokan menurut kesamaan masalah dalam suatu urusan, dihimpun dalam suatu berkas;
3. Berkas arsip inaktif yang dikuasai oleh Induk Tata usaha yang masalahnya saling berkaitan mengenai suatu urusan, dihimpun dalam suatu dosir.

DOSIR TUNTAS
Dosir suatu urusan tertentu yang penggarapannya tuntas yang terdiri dari berbagai masalah yang saling berkaitan.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip I
 22 May 2010  3571

INDEKSSuatu tanda atau nama yang diberikan pada lembaran atau kelompok arsip sebagai tanda pengenal untuk memudahkan pencarian dan penemuannya.INDEKSSarana penemuan kembali surat dengan cara mengidentifikasikan melalui penunjukan suatu tanda...

Istilah Arsip N
 22 May 2010  3464

NILAI GUNA ADMINISTRASI1. Dalam arti luas sebagai proses kerjasama antar aparatur pemerintah dalam suatu instansi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan misi instansi pemerintah dimaksud dengan mendayagunakan sumber-sumber daya...

Istilah Arsip G
 22 May 2010  3455

GUNA ARSIP REKAM1. Bahan pemawasan/pemeragaan kembali sesuatu atau peristiwa.2. Sarana pengawetan dan penyimpanan arsip / dokumentasi yang efektif.3. Sarana pelengkap pelayanan informasi yang cepat, tepat dan gambling.4. Pengganti arsip/dokumen yang...

Istilah Arsip C
 22 May 2010  5241

CANDI DEWA MATROENTempat penyimpanan dokumen-dokumen negara, catatan sidang, peraturan-peraturan buku catatan dan lain-lain di kota Athena, Yunani sekitar abad 5 dan 6 sebelum Masehi, dianggap merupakan lembaga kearsipan pertama di dunia.CARA...