DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip L

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  272  1523

LABEL
Petunjuk yang memuat keterangan tentang berkas-berkas atau arsip yang ada didalam tempat penyimpanan arsip (map, boks dan lemari arsip).

LAMINASI
Menutup selembar kertas diantara dua lembar plastik yang diletakan diatas hidrolik press yang berujung rata, akibat dari kekuatan penekanan dan panas akan menggabungkan dua lembar kertas.

LANDS ARCHIEF
(Lihat Arsip Nasional Republik Indonesia). Kantor Arsip Negara di Jakarta didirikan tahun 1892.

LAYANAN JASA DAN BAHAN KEARSIPAN
Kegiatan penyediaan dan pemberian informasi dari atau mengenai arsip serta penyajian arsip untuk kepenteingan pengguna arsip, termasuk penyediaan salinan atau reproduksi apabila diperlukan.

LAYANAN KARYA ARSIP PROGRAM PANDANG DENGAR
Menyediakan karya-karya produksi bahan pandang dengar yang isi dan informasinya berasal dari koleksi arsip pandang dengar untuk keperluan apresiasi kearsipan.

LEMARI ARSIP
Lemari yang terbuat dari kayu atau metal yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam bentuk arsip, misalnya : roll film, ordner dan lain-lain.

LEMBAR DISPOSISI
Lembaran untuk menuliskan disposisi suatu surat-surat baik yang diberikan ke atasan ke bawahan maupun sebaliknya.

LEMBAR PENGANTAR
Formulir yang dipergunakan untuk mencatat dan menyampaikan surat-surat biasa dari unit kearsipan ke unit pengolah.

LEMBAGA NEGARA
1. Lembaga tertinggi Negara, adalah: Majelis Permusyawaratan Rakyat.
2. Lembaga Tinggi Negara, adalah:
   a. Mahkamah Agung
   b. Badan Pemeriksa Keuangan
   c. Dewan Perwakilan Rakyat
   d. Presiden
   e. Dewan Pertimbangan Agung

LEMBAGA ARSIP DAERAH
Perangkat pelaksana daerah dalam bidang kearsipan dan dokumentasi yang terdapat pada Pemerintah Daerah (Propinsi, Kabupaten / Kota) lembaga arsip daerah disebut juga Pusat Arsip.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip F
 22 May 2010  2422

FILEMerupakan jenis arsip aktif yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses administrasi, sehingga arsip ini masih terdapat di unit kerja.FILINGProses kegiatan menata, mengatur / menyusun dan menyimpan arsip secara sistematis, sehingga...

Istilah Arsip A
 22 May 2010  4197

ABSTRAKSI BAHAN KEARSIPANMerumuskan inti dari rekaman wawancara sejarah lisan.ADMINISTRASI KEARSIPANPenyelenggaraan administrasi / penatalaksanaan kearsipan yang memperlancar lalulintas surat menyurat keluar masuk.AGENDARISPegawai yang bertugas...

Istilah Arsip H
 22 May 2010  1700

HAK REKAM SASARAN DAN PENYELENGGARAAN1. Perekaman untuk film movie, film foto dan suara dapat dilaksanakanoleh Satminkal, sebagai pemegang Hak Rekam.2. Perekaman arsip dan dokumen dalam microfilm dilaksanakan oleh Biro Umum, Kantor Arsip Daerah...

Istilah Arsip N
 22 May 2010  2083

NILAI GUNA ADMINISTRASI1. Dalam arti luas sebagai proses kerjasama antar aparatur pemerintah dalam suatu instansi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan misi instansi pemerintah dimaksud dengan mendayagunakan sumber-sumber daya...