DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip N

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  365  2136

NILAI GUNA ADMINISTRASI
1. Dalam arti luas sebagai proses kerjasama antar aparatur pemerintah dalam suatu instansi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan misi instansi pemerintah dimaksud dengan mendayagunakan sumber-sumber daya secara efesien.
2. Dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan ketatausahaan kantor, pada hakekatnya merupakan kegiatan pengumpulan pengelolaan, penggandaan, penyaluran dan penyimpanan atas warkat / dokumen yang dipergunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

NILAI GUNA ARSIP
1. Nilai guna administrasi.
2. Nilai guna hukum.
3. Nilai guna keuangan.
4. Nilai guna kebijaksanaan.
5. Nilai guna pelaksanaan kegiatan.
6. Nilai guna sejarah.
7. Nilai guna penelitian.

NILAI GUNA HUKUM
Bahwa arsip / dokumen mempunyai nilai yang sangat diperlukan dalam upaya melengkapi alat bukti utama dalam proses peradilan.

NILAI GUNA KEBIJAKSANAAN
Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya setiap pimpinan struktural selalu terlibat dalam proses penentuan kebijaksanaan dan pengamilan keputusan.

NILAI GUNA KEUANGAN
Setiap instansi pemerintah wajib mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dananya bersumber dari uang negara yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang dilaksanakan.

NILAI GUNA PENELITIAN
Arsip/dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam mendukung berhasilnya kegiatan penelitian khususnya dalam rangka penyediaan data, fakta dan informasi yang relevan dengan obyek penelitian.

NILAI GUNA PELAKSANAAN KEGIATAN
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah merupakan pelaksanaan rangkaian program yang saling berkaitan antar aprogram terdahulu, program sekarang dan program yang akan datang.

NILAI GUNA SEJARAH
Arsip / dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam penulisan sejarah agar dapat lebih mendekati kebenaran dan dapat dipercaya.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip O
 22 May 2010  1645

ORDNERSemacam map dan karton tebal yang dapat menampung banyak arsip dan didalamnya terdapat besi untuk mengkait arsip yang telah dipervoratar/dilobangi pinggirnya.ORGANISASI PROFESI KEARSIPANOrganisasi uang mengkhususkan kegiatannya pada keahlian /...

Istilah Arsip F
 22 May 2010  2484

FILEMerupakan jenis arsip aktif yang masih dipergunakan secara langsung dalam proses administrasi, sehingga arsip ini masih terdapat di unit kerja.FILINGProses kegiatan menata, mengatur / menyusun dan menyimpan arsip secara sistematis, sehingga...

Istilah Arsip L
 22 May 2010  1579

LABELPetunjuk yang memuat keterangan tentang berkas-berkas atau arsip yang ada didalam tempat penyimpanan arsip (map, boks dan lemari arsip).LAMINASIMenutup selembar kertas diantara dua lembar plastik yang diletakan diatas hidrolik press yang...

Istilah Arsip G
 22 May 2010  2409

GUNA ARSIP REKAM1. Bahan pemawasan/pemeragaan kembali sesuatu atau peristiwa.2. Sarana pengawetan dan penyimpanan arsip / dokumentasi yang efektif.3. Sarana pelengkap pelayanan informasi yang cepat, tepat dan gambling.4. Pengganti arsip/dokumen yang...