DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip N

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  581  3405

NILAI GUNA ADMINISTRASI
1. Dalam arti luas sebagai proses kerjasama antar aparatur pemerintah dalam suatu instansi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan misi instansi pemerintah dimaksud dengan mendayagunakan sumber-sumber daya secara efesien.
2. Dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan ketatausahaan kantor, pada hakekatnya merupakan kegiatan pengumpulan pengelolaan, penggandaan, penyaluran dan penyimpanan atas warkat / dokumen yang dipergunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

NILAI GUNA ARSIP
1. Nilai guna administrasi.
2. Nilai guna hukum.
3. Nilai guna keuangan.
4. Nilai guna kebijaksanaan.
5. Nilai guna pelaksanaan kegiatan.
6. Nilai guna sejarah.
7. Nilai guna penelitian.

NILAI GUNA HUKUM
Bahwa arsip / dokumen mempunyai nilai yang sangat diperlukan dalam upaya melengkapi alat bukti utama dalam proses peradilan.

NILAI GUNA KEBIJAKSANAAN
Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya setiap pimpinan struktural selalu terlibat dalam proses penentuan kebijaksanaan dan pengamilan keputusan.

NILAI GUNA KEUANGAN
Setiap instansi pemerintah wajib mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dananya bersumber dari uang negara yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang dilaksanakan.

NILAI GUNA PENELITIAN
Arsip/dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam mendukung berhasilnya kegiatan penelitian khususnya dalam rangka penyediaan data, fakta dan informasi yang relevan dengan obyek penelitian.

NILAI GUNA PELAKSANAAN KEGIATAN
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah merupakan pelaksanaan rangkaian program yang saling berkaitan antar aprogram terdahulu, program sekarang dan program yang akan datang.

NILAI GUNA SEJARAH
Arsip / dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam penulisan sejarah agar dapat lebih mendekati kebenaran dan dapat dipercaya.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip K
 22 May 2010  4592

KARTU KENDALIIsian (Kartu) untuk mencatat surat-surat yang masuk / keluar yang tergolong surat penting. Kartu kendali juga berfungsi sebagai alat penyimpanan surat, dan penemuan kembali.KEGIATAN KEARSIPANKegiatan dalam bidang pembinaan, pengolahan...

Istilah Arsip O
 22 May 2010  2348

ORDNERSemacam map dan karton tebal yang dapat menampung banyak arsip dan didalamnya terdapat besi untuk mengkait arsip yang telah dipervoratar/dilobangi pinggirnya.ORGANISASI PROFESI KEARSIPANOrganisasi uang mengkhususkan kegiatannya pada keahlian /...

Istilah Arsip C
 22 May 2010  5209

CANDI DEWA MATROENTempat penyimpanan dokumen-dokumen negara, catatan sidang, peraturan-peraturan buku catatan dan lain-lain di kota Athena, Yunani sekitar abad 5 dan 6 sebelum Masehi, dianggap merupakan lembaga kearsipan pertama di dunia.CARA...

Istilah Arsip R
 22 May 2010  3982

RAK BUKU (LEMARI TERBUKA)Rak untuk menyimpan buku-buku di perpustakaan atau untuk menyimpan odner sejenisnya.RECORDJenis arsip inaktif yang sudah menuruh nilai kegunaannya dalam proses administrasi seharihari. Arsip ini tidak terdapat di unit-unit...