DPAD Yogyakarta

Istilah Arsip N

 Daftar Istilah  22 May 2010  Super Administrator  357  2083

NILAI GUNA ADMINISTRASI
1. Dalam arti luas sebagai proses kerjasama antar aparatur pemerintah dalam suatu instansi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok, fungsi dan misi instansi pemerintah dimaksud dengan mendayagunakan sumber-sumber daya secara efesien.
2. Dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan ketatausahaan kantor, pada hakekatnya merupakan kegiatan pengumpulan pengelolaan, penggandaan, penyaluran dan penyimpanan atas warkat / dokumen yang dipergunakan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

NILAI GUNA ARSIP
1. Nilai guna administrasi.
2. Nilai guna hukum.
3. Nilai guna keuangan.
4. Nilai guna kebijaksanaan.
5. Nilai guna pelaksanaan kegiatan.
6. Nilai guna sejarah.
7. Nilai guna penelitian.

NILAI GUNA HUKUM
Bahwa arsip / dokumen mempunyai nilai yang sangat diperlukan dalam upaya melengkapi alat bukti utama dalam proses peradilan.

NILAI GUNA KEBIJAKSANAAN
Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya setiap pimpinan struktural selalu terlibat dalam proses penentuan kebijaksanaan dan pengamilan keputusan.

NILAI GUNA KEUANGAN
Setiap instansi pemerintah wajib mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dananya bersumber dari uang negara yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang dilaksanakan.

NILAI GUNA PENELITIAN
Arsip/dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam mendukung berhasilnya kegiatan penelitian khususnya dalam rangka penyediaan data, fakta dan informasi yang relevan dengan obyek penelitian.

NILAI GUNA PELAKSANAAN KEGIATAN
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah merupakan pelaksanaan rangkaian program yang saling berkaitan antar aprogram terdahulu, program sekarang dan program yang akan datang.

NILAI GUNA SEJARAH
Arsip / dokumen mempunyai nilai sangat penting dalam penulisan sejarah agar dapat lebih mendekati kebenaran dan dapat dipercaya.

Daftar Istilah Lainnya

Istilah Arsip B
 22 May 2010  2231

BADAN PEMERINTAHSeluruh aparatur Pemerintah, termasuk dalam hal ini perusahaan-perusahaan yang modalnya sebagian atau seluruhnya berasal dan pemerintah.BADAN SWASTABidang kegiatan yang mempunyai pengaruh terhadap pelaksanaan pemenintahan dan atau...

Istilah Arsip S
 22 May 2010  3092

SATMINKALSatuan Administrasi Pangkal yaitu organisasi perangkat daerah pembuat dan penerima arsip / dokumen, penerima pelimpahan wewenang pelaksanaan tugas daerah dari Gubernur Propinsi DKI Jakarta.SENERAI ARSIPSarana penemuan arsip berupa susunan...

Istilah Arsip U
 22 May 2010  1637

UNIT KEARSIPANUnit organisasi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan arsip dinamis dalam lingkungan suatu organisasi atau perusahaan yang bertugas mengendalikan arsip aktif juga sebagai pusat arsip inaktif.UNIT PENGOLAHSatuan kerja yang...

Istilah Arsip M
 22 May 2010  2494

MIKRODILMISASIUntuk menunjang peningkatan daya guna dan hasil guna pengelolaan arsip / dokumen dalam kegiatan administrasi.MANFAAT ARSIP1. Dalam bentuk kegiatan organisasi:   a. Sebagai bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.   b....