DPAD Yogyakarta

PENELUSURAN, PENILAIAN, DAN VERIFIKASI ARSIP STATIS

 Artikel Kearsipan  8 January 2014  Super Administrator  4108  5596
Download:  PENELUSURAN.pdf

Akuisisi arsip statis dilaksanakan melalui tahapan penelusuran, penilaian, dan verifikasi, serta serah terima arsip statis. Kegiatan tersebut diuraikan sebagai berikut:

Penelusuran/Monitoring

Penelusuran arsip statis di lingkungan pencipta arsip diawali dengan pemahaman terhadap sumber arsip atau keberadaan arsip statis serta jenis arsip statis yang dihasilkan oleh pencipta arsip (creating agency) dan pemilik arsip (owner). Penelusuran merupakan proses kegiatan mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan akuisisi arsip. Kegiatan pengumpulan data dilakukan terhadap struktur dan fungsi organisasi yang tercermin dalam arsipnya serta untuk mengetahui perkembangan organisasi.

Selain itu pendataan fisik arsip dilakukan untuk mengidentifikasi mengenai kondisi fisik, kondisi tempat penyimpanan, media rekam, jumlah, kurun waktu, sistem penataan, asal arsip, dan lokasi penyimpanan. Kesalahan dan kekurangan informasi akan mengakibatkan arsip-arsip tidak teridentifikasi secara menyeluruh sesuai dengan yang dibutuhkan.

Artikel Kearsipan Lainnya

Peranan dan Fungsi Tata Kearsipan Peranan dan Fungsi Tata Kearsipan
 2 April 2008  37551

Sebenarnya berbicara tentang persuratan merupakan bagian dari pembicaraan tentang kearsipan. Surat dalam segala bentuknya...

Penyelamatan Arsip  Pasca Bencana Letusan Merapi Penyelamatan Arsip Pasca Bencana Letusan Merapi
 27 December 2010  2399

Dampak Letusan Gunung Merapi tidak saja menelan korban jiwa maupun materi, namun seluruh aspek kehidupan juga terpengaruh akibat...