DPAD Yogyakarta

PENGELOLAAN ARSIP DESA, MENJADI PRIORITAS

 Artikel Kearsipan  8 January 2014  Super Administrator  1314  12441
Download:  Arsip_Desa_anna.pdf

Pendahuluan

            Arsip tercipta seiring berjalannya  aktivitas instansi bersangkutan. Semakin besar instansi maka arsip yang tercipta pun semakin banyak. Permasalahan yang terkait dengan penemuan kembali arsip yang dibutuhkan tentunya semakin kompleks, sehingga membutuhkan pengelolaan arsip yang tepat.

            Permasalahan  pengelolaan kearsipan tidak hanya  menjadi milik organisasi besar saja, melainkan juga organisasi kecil, misalnya di organisasi tingkat pemerintah desa yang memiliki tanggungjawab pelayanan kepada masyarakat yang permintaannya tidak mengenal waktu / jam kerja.

            Buruknya pengelolaan arsip di desa pasti akan menjadi kendala keterlambatan proses layanan. Oleh karena itu, Pemerintah Desa juga perlu memperhatikan  pengelolaan arsip jika ingin sukses dalam melayani publik. Layanan dapat diberikan dengan cepat apabila arsip tertata dengan baik.

Setiap Pemerintah Desa pasti mempunyai kewajiban memberikan layanan kebutuhan masyarakat yang harus melalui administrasi desa, seperti pembuatan KTP, Kartu Keluarga , akte kelahiran, akte kematian, akte kepemilikan tanah, dll. Dengan jumlah penduduk yang relatif banyak pemerintah desa dituntut untuk melaksanakan tugas kearsipan dengan cepat dan rapi. Pekerjaan kearsipan sangat berpengaruh terhadap proses administrasi yang pada akhirnya bermuara pada pelayanan kepada masyarakat / publik.

Artikel Kearsipan Lainnya

Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat Sistem Otomasi Naskah Dinas - Pengelolaan Surat
 6 August 2008  2463

Surat dinas merupakan sarana komunikasi yang umum digunakan di lingkungan instansi baik pemerintah maupun swasta disamping...

BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DIY Peran dan Fungs BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROVINSI DIY Peran dan Fungs
 23 December 2009  2346

Globalisasi menuntut setiap orang yang memiliki samangat kompetitif untuk berpikir dan bertindak secara efektif dan efisien. Era...

Pelaksanaan Tata Kearsipan Pemerintah Kabupaten/Kota Pelaksanaan Tata Kearsipan Pemerintah Kabupaten/Kota
 2 April 2008  3216

Untuk lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan di daerah kabupaten / kota diperlukan prakarsa dan partisipasi rakyat di Daerah....

SEKILAS  FAKTA KEBERADAAN KANTOR KABUPATEN  SLEMAN  DI AMBARUKMO SEKILAS FAKTA KEBERADAAN KANTOR KABUPATEN SLEMAN DI AMBARUKMO
 8 January 2014  2027

“Arsip statis adalah arsip  yang tidak lagi dipergunakan sebagai bahan perencanaan, pelaksanaan   maupun  pengawasan,...