DPAD Yogyakarta

Resiko Kerja Bagi Pengelola Arsip

 Artikel Kearsipan  27 December 2010  Super Administrator  2799  4144

Arsip merupakan komponen penting dalam pelaksanaan funfsi dan tugas suatu lembaga. Arsip merupakan suatu rekaman kegiatan, sumber informasi, serta bukti outentik dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan kehidupan kebangsaan.

            Selain yang terkait dengan sistem, sarana prasarana yang harus memadai, pengelolaan arsip juga harus didukung oleh Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang handal. Dukungan tersebut tidak hanya menyangkut kemampuan dan kemauan tetapi juga terkait dengan aspek kesehatan baik jiwa dan raga.

            Kenyataan yang ada pekerjaan di bidang kearsipan masih menjadi bidang yang belum diminati, selain dianggap pekerjaan yang tidak prestisius, arsip juga diposisikan sebagai pekerjaan sambilan. Sehingga Pengelola arsip dicitrakan sebagai pekerjaan penunggu gudang, bukan pengelola informasi.

            Pekerjaan kearsipan selama ini masih dikesampingkan karena terkesan kotor, monoton, tidak dinamis, dan berpotensi mengganggu kesehatan bagi pengelolanya. Kandungan yang ada dalam kertas dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Apalagi arsip - arsip yang sudah dimakan usia, debu yang menempel serta keausan media rekam menambah keengganan seseorang untuk menjadi pengelola arsip. Kondisi ini diperparah lagi dengan kenyataan yang ada di banyak tempat penyimpanan arsip yang jauh dari standar. Kesan kotor dan tidak higienis selain mempercepat proses kerusakan arsip juga menjadi seseorang tidak nyaman dalam melaksanakan tugas.

Artikel Kearsipan Lainnya

DAFTAR PENCARIAN ARSIP DAFTAR PENCARIAN ARSIP
 31 August 2021  858

Daftar Pencarian Arsip

PENGUMUMAN PENCARIAN DAFTAR ARSIP PENGUMUMAN PENCARIAN DAFTAR ARSIP
 31 August 2021  778

Pengumuman pencarian daftar arsip

Urgensitas dan Relevansitas Kearsipan bagi Negara Urgensitas dan Relevansitas Kearsipan bagi Negara
 6 August 2008  4087

Selama ini arsip diidentifikasikan suatu yang tak bermanfaat, sehingga keberadaannya tidak menjadi bagian penting dari kegiatan...

PENTINGNYA JADWAL RETENSI ARSIP DALAM MANAJEMEN KEARSIPAN PENTINGNYA JADWAL RETENSI ARSIP DALAM MANAJEMEN KEARSIPAN
 16 January 2014  3631

Permasalahan yang  dihadapi oleh pencipta arsip baik di tingkat badan, dinas, kantor, rumah sakit, unit pelaksana teknis (UPT),...