DPAD Yogyakarta

TANTANGAN ARSIPARIS DALAM MENGHADAPI ERA PAPERLESS OFFICE

 Artikel Kearsipan  27 December 2010  Super Administrator  6528  4756

Dinamika masyarakat global semakin terakselerasi dengan dukungan teknologi informasi yang memungkinkan terselenggaranya arus informasi secara cepat dan tanpa batas. Arus informasi yang cepat, ditopang kemajuan teknologi menyebabkan cakrawala kehidupan semakin luas. Sebaliknya dunia terasa semakin menyempit. Hubungan bangsa satu dengan yang lain tidak lagi dibatasi sekat-sekat administratif dan politis. Melalui internet orang tidak perlu keluar rumah dapat melihat dunia (Toffler, 1988, 248).

Berbagai permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak lagi sekedar menjadi permasalahan  yang bersifat regional tetapi menjadi konsumsi yang bersifat global. Suatu region tidak dapat menutup diri dari kondisi yang bersifat saling pengaruh mempengaruhi ini. Tragedi bom di Baghdad, bentrokan kaos merah dengan aparat keamanan di Thailand, atau terengah-engahnya pemain Thomas Indonesia dihajar Lin Dan dan kawan-kawan, juga ‘pertunjukan’ tinju dari beberapa arena pertandingan sepak bola Liga Super, dapat diakses dalam waktu yang hampir bersamaan dengan peristiwa yang sebenarnya.

Sebuah lembaga, baik publik maupun bisnis, untuk dapat bersaing di era global ini tidak bisa menghindar dari kebutuhan akan informasi secara cepat, tepat, dan lengkap. Informasi menjadi komponen penentu bagi keberadaan suatu lembaga. Oleh karena itu diperlukan suatu kesiapan untuk mampu mengelola informasi secara efisien dan efektif.

Artikel Kearsipan Lainnya

Arsip dan Informasi Kedinasan antara Ketertutupan dan Kerahasiaa Arsip dan Informasi Kedinasan antara Ketertutupan dan Kerahasiaa
 2 August 2008  2699

Suatu hal yang terpenting dalam putaran roda administrasi pemerintahan adalah kesadaran bahwa setiap unit kerja dari suatu...

KEARSIPAN  BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KEARSIPAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
 11 October 2010  3049

APA ITU FOTO UDARA? APA ITU FOTO UDARA?
 9 October 2010  2523