DPAD Yogyakarta

BPAD DIY Gelar Bedah Buku “Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan”

 Artikel Perpustakaan  26 April 2017  AdminWB  710
BPAD DIY Gelar Bedah Buku “Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan”

Dalam rangka meningkatkan minat baca dan menciptakan budaya membaca pada masyarakat, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY pada Selasa kemarin (25/4) mengadakan bedah buku dengan mengusung tema Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan. Bedah buku yang berlangsung di Balai Desa Sabdodadi, Bantul ini di ikuti oleh puluhan Petani, Para Pensiunan PNS, dan TNI. Selain itu pada bedah buku kali ini juga menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya Ir. Atmaji (Komisi D DPRD DIY), Joko Waluyo, S.Pt, M.Si (Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul), serta Wartini Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Desa Sabdodadi.

Menurut kepala BPAD Budi Wibowo, SH., MM memanfaatkan regulasi yang diterbitkan pemerintah sebagai tema pada bedah buku kali ini sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa Sabdodadi. Seperti yang disampaikan oleh Wantini bahwa pada saat ini lahan pertanian produktif di wilayah Sabdadadi terus menyusut setiap tahun mencapai 2 hektar, di karenakan banyaknya alih fungsi lahan dari lahan persawahan menjadi perumahan. Selain itu juga minimnya regenerasi petani dari penduduk setempat dikarenakan anak-anak dari penduduk setempat menginginkan profesi lain.

Oleh karena itu dengan adanya bedah buku dengan mengusung tema Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan, diharapkan masyarakat khususnya penduduk desa Sabdodadi dapat memahami regulasi yang menaungi mereka. Dengan begitu, petani bisa memiliki keberdayaan dalam menjalankan pekerjaannya. Para petani juga harus tau, bahwa negara sebenarnya Negara memiliki kewajiban dalam melindungi lahan pertanian.


Artikel Perpustakaan Lainnya

PENGEMBANGAN KOLEKSI  DAN EKSPANSI SUBJEK GIZI PENGEMBANGAN KOLEKSI DAN EKSPANSI SUBJEK GIZI
 13 January 2016  1399

PENGEMBANGAN KOLEKSI DAN EKSPANSI SUBJEK GIZIA. PENDAHULUAN Ilmu kesehatan dan medis adalahsalah satu kluster ilmu...

DIGITAL LIBRRY FOR FUTURE GENERATION DIGITAL LIBRRY FOR FUTURE GENERATION
 27 August 2017  492

PAPERS TITLE: DIGITAL LIBRRY FOR FUTURE GENERATION WRITER: HENDRIKUS FRANZ JOSEF, M.Si ...

GEREJA KATOLIK SANTO ANTONIUS KOTABARU GEREJA KATOLIK SANTO ANTONIUS KOTABARU
 28 December 2013  3665

Sejarah Singkat          Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru (Nieuw Wijk Katholieke Kerk) terletak di Jalan Abu Bakar...

PAKET INFORMASI  BERSIH DESA  DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PAKET INFORMASI BERSIH DESA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 17 December 2013  1414

Budaya Barat semakin gencar masuk ke Indonesia. Disadari atau tidak hal ini akan berpengaruh terhadap budaya lokal. Pada hal...