DPAD Yogyakarta

Dari Perpustakaan Koleksi Cetak menuju ke Perpustakaan Digital dalam Genggaman: Apakah akan ada penggunanya?

 Artikel Perpustakaan  14 September 2022  Hendrikus Franz Josef, M.Si  127  593
Dari Perpustakaan Koleksi Cetak menuju ke Perpustakaan Digital dalam Genggaman: Apakah akan ada penggunanya?

ABSTRAK

Tujuan - Saat perpustakaan mengalihkan fokus dari koleksi cetak ke sumber daya digital yang berada di "cloud", hubungan perpustakaan-pengguna juga telah berubah secara dramatis. Kekuatan jelas telah bergeser dari perpustakaan ke pengguna dan hubungan ketergantungan telah dibalik. Hubungan perpustakaan-pengguna adalah yang mendasar dan mendefinisikan apa itu perpustakaan, dan karena itu pendting bagi masa depan perpustakaan. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan bagaimana memastikan bahwa pengguna terus menggunakan dan menghargai perpustakaan. Tujuan makalah ini adalah untuk membahas perubahan hubungan antara perpustakaan dan penggunanya dan menyarankan faktor-faktor penting untuk dipertimbangkan ketika merancang dan merencanakan layanan perpustakaan untuk mempertahankan hubungan perpustakaan-pengguna yang layak.

Desain/metodologi/pendekatan – Makalah ini menetapkan konteks untuk membahas pentingnya mempertahankan penggunaan perpustakaan tingkat tinggi dengan mempertimbangkan perubahan utama dalam lingkungan informasi dan perilaku penggunanya. Penulis berpendapat bahwa banyaknya pilihan yang tersedia bagi pengguna informasi saat ini menyebabkan keputusan penggunaan yang tidak hanya didasarkan pada kegunaan dan kualitas sumber daya dan layanan informasi, tetapi lebih pada kemanfaatan dan faktor lainnya.

Temuan - Tidaklah cukup untuk menyediakan sumber daya dan layanan perpustakaan yang bermanfaat, berkualitas tinggi dan inovatif. Tes asam untuk keberhasilan mereka adalah apakah mereka akan sering digunakan. Penulis menyarankan 4 faktor - kenyamanan, perhatian, kesadaran dan persepsi nilai yang mungkin mempengaruhi penggunaan perpustakaan di masa depan.

Orisinalitas/nilai – makalah ini berfungsi sebagai pengingat bagi pustakawan untuk memperhatikan faktor akal sehat ketika merancang, merencanakan, melaksanakan dan meninjau fasilitas, sumber daya dan layanan perpustakaan.

Kata kunci - Perilaku pengguna; Kenyamanan; Perhatian; Kesadaran; Persepsi; Penggunaan layanan perpustakaan

Jenis makalah - Sudut pandang/Makalah konseptual

Artikel Perpustakaan Lainnya

Mengenal Beberapa Museum di Yogyakarta Mengenal Beberapa Museum di Yogyakarta
 13 January 2014  3811

Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Diantara banyak peninggalan bangunan bersejarah di Kota Yogyakarta adalah museum....

GALERI KEPUSTAKAWANAN GALERI KEPUSTAKAWANAN
 29 June 2012  6327

GALERI KEPUSTAKAWANAN(Suatu Gagasan)PENDAHULUANYogyakarta sebagai kota dengan banyak predikat yaitu kota perjuangan, pendidikan,...

LIBRARY BASED ON NET GENERATION USERS LIBRARY BASED ON NET GENERATION USERS
 27 August 2017  814

Abstract Building the digital age to a generation with...

Game edukasi Game edukasi
 24 September 2013  5146

GAME EDUKASIA.    PENGANTARGame edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi...