DPAD Yogyakarta

KELUARGA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN

 Artikel Perpustakaan  16 January 2014  Super Administrator  549  2189

Di dalam paedagogik dikatakan bahwa pendidikan seseorang atau pendidikan individual itu berlaku di dalam keluarga, sedangkan pendidikan sosial atau pendidikan kemasyarakatan adalah tugas perguruan. Menurut keadaannya, teori itu tidak seluruhnya benar. Bilamana ilmu pendidikan dengan teorinya itu hanya bermaksud memberikan anjuran atau dorongan agar rumah keluarga sepantasnya teratur sebagai pusat pendidikan individual dan rumah perguruan sebagai pusat pendidikan sosial itulah bersifat suatu aliran yang boleh dan pantas untuk diselidiki.

Akan tetapi, benarkah kiranya hidup keluarga itu dinamakan pusatnya pendidikan individual saja ? Alam keluarga adalah suatu tempat yang sebaik-baiknya untuk melakukan pendidikan sosial sehingga dapat dikatakan bahwa keluarga itulah tempat pendidikan yang lebih sempurna sifat dan wujudnya daripada pusat lain-lainnya untuk melangsungkan pendidikan ke arah kecerdasan budi pekerti (pembentukan watak individual) dan sebagai persediaan hidup kemasyarakatan.

Tentang alam perguruan yang dinamakan pusat untuk pendidikan sosial ini pula tidak sesuai dengan keadaannya. Kita semua mengenal sistem sekolah secara barat yang semata-mata bersifat tempat pendidikan pikiran atau “balai wiyata” untuk menyiarkan ilmu pengetahuan serta mengusahakan cerdasnya intelek. Dalam balai wiyata yang demikian itu kita tidak akan dapat melakukan pendidikan sosial, melainkan hanya dapat memberikan ilmu atau pengetahuan tentang hidup kemasyarakatan saja. Untuk melakukan segala pekerjaan sosial sebagai persediaan, maka perguruan seperti sekarang ini bukanlah tempatnya. Selama rumah pengajaran masih bersifat “sekolahan”, yang terutama mendidik intelek serta mencari pengetahuan, maka tidaklah mengherankan acapkali pendidikan sosial di situ terdesak (tak ada kesempatan secukupnya) dan terhambat dalam maksudnya (intelektualisme acapkali menentang kesosialan).

Artikel Perpustakaan Lainnya

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERH PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERH
 13 January 2014  2083

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang religius. Mengakui dan mempercayai adanya yang adi kodrati, penguasa hidup dan...

NYAI AHMAD DAHLAN NYAI AHMAD DAHLAN
 16 January 2014  1397

Bangsa Indonesia pada umumnya, khususnya keluarga besar Muhammadiyah dan Aisiyah di manapun berada, selayaknyalah menyambut...

Game edukasi Game edukasi
 24 September 2013  2937

GAME EDUKASIA.    PENGANTARGame edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi...

PENGEMBANGAN KOLEKSI  DAN EKSPANSI SUBJEK KEBIDANAN PENGEMBANGAN KOLEKSI DAN EKSPANSI SUBJEK KEBIDANAN
 26 January 2016  3599

Ilmukesehatan dan medis adalah salah satu kluster ilmu pengetahuan yang sangatdinamis dan mengalami kemajuan pesat dalam kehidupan...