DPAD Yogyakarta

KELUARGA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN

 Artikel Perpustakaan  16 January 2014  Super Administrator  1659  3045

Di dalam paedagogik dikatakan bahwa pendidikan seseorang atau pendidikan individual itu berlaku di dalam keluarga, sedangkan pendidikan sosial atau pendidikan kemasyarakatan adalah tugas perguruan. Menurut keadaannya, teori itu tidak seluruhnya benar. Bilamana ilmu pendidikan dengan teorinya itu hanya bermaksud memberikan anjuran atau dorongan agar rumah keluarga sepantasnya teratur sebagai pusat pendidikan individual dan rumah perguruan sebagai pusat pendidikan sosial itulah bersifat suatu aliran yang boleh dan pantas untuk diselidiki.

Akan tetapi, benarkah kiranya hidup keluarga itu dinamakan pusatnya pendidikan individual saja ? Alam keluarga adalah suatu tempat yang sebaik-baiknya untuk melakukan pendidikan sosial sehingga dapat dikatakan bahwa keluarga itulah tempat pendidikan yang lebih sempurna sifat dan wujudnya daripada pusat lain-lainnya untuk melangsungkan pendidikan ke arah kecerdasan budi pekerti (pembentukan watak individual) dan sebagai persediaan hidup kemasyarakatan.

Tentang alam perguruan yang dinamakan pusat untuk pendidikan sosial ini pula tidak sesuai dengan keadaannya. Kita semua mengenal sistem sekolah secara barat yang semata-mata bersifat tempat pendidikan pikiran atau “balai wiyata” untuk menyiarkan ilmu pengetahuan serta mengusahakan cerdasnya intelek. Dalam balai wiyata yang demikian itu kita tidak akan dapat melakukan pendidikan sosial, melainkan hanya dapat memberikan ilmu atau pengetahuan tentang hidup kemasyarakatan saja. Untuk melakukan segala pekerjaan sosial sebagai persediaan, maka perguruan seperti sekarang ini bukanlah tempatnya. Selama rumah pengajaran masih bersifat “sekolahan”, yang terutama mendidik intelek serta mencari pengetahuan, maka tidaklah mengherankan acapkali pendidikan sosial di situ terdesak (tak ada kesempatan secukupnya) dan terhambat dalam maksudnya (intelektualisme acapkali menentang kesosialan).

Artikel Perpustakaan Lainnya

Guidelines for Writing a Book Without Plagiarism Guidelines for Writing a Book Without Plagiarism
 22 November 2021  1677

Guidelines for Writing a Book Without Plagiarism Publisher Deepublish 2016 WRITERTEAM...

LIBRARY BASED ON NET GENERATION USERS LIBRARY BASED ON NET GENERATION USERS
 27 August 2017  815

Abstract Building the digital age to a generation with...

Kerjasama Perpustakaan Sebagai Upaya Institutional Empowerment di BPAD DIY Kerjasama Perpustakaan Sebagai Upaya Institutional Empowerment di BPAD DIY
 4 June 2018  1550

“Kerjasama mungkin satu-satunya solusi bagi perpustakaan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.Hal terpenting yang perlu...

SERTIFIKASI PUSTAKAWAN MENGHASILKAN SDM YANG UNGGUL SERTIFIKASI PUSTAKAWAN MENGHASILKAN SDM YANG UNGGUL
 23 March 2022  1966

Sertifikasi Pustakawan merupakan proses standardisasi kompetensi yang dilakukan sesuai amanah UU No. 43 Tahun 2007 tentang...