DPAD Yogyakarta

Seminal Nasinal

 Artikel Perpustakaan  28 October 2021  Hendrikus  18  313
Seminal Nasinal


Seminar Nasional

Saat ini, berbagai perguruan tinggi dan universitas mengupayakan pembangunan perpustakaan digital dan mengalokasikan sumberdaya keuangan untuk pengembangan hardware perpustakaan mereka.Website perpustakaan dibangun, Online Public Access Catalog dapat kita nikmati, serta kunjungan offline dengan ruang yang nyaman, bangku dan perabot yang berkualitas serta menarik.Namun, kitapun juga dapat melihat bahwa sumberdaya manusia baik dalam sisi manajerial maupun dalam layanan informasi masih jauh dari harapan.Tingkat kualitas manajemen pengelolaan perpustakaan dan layanan informasi sangat tergantung dari kualitas sumberdaya manusia.Hal ini menjadi masalah utama bagi perpustakaan universitas untuk beradaptasi pada situasi baru di era jaringan informasi dan komunikasi yang demikian pesat

Kualitas layanan perpustakaan mengacu kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Maka perpustakaan yang baik merupakan perpustakaan yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap pemustaka secara cepat dan tepat. Adapun teori yang digunakan dalam kajian ini antara lain: Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, faktor penentu kualitas pelayanan dan pengawasan. Pembahasannya adalah Kualitas total suatu jasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: word of mouth communication, personal need, past experience, external communications to customer. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kualitas layanan pada sebuah lembaga yaitu tujuan organisasi, sistem insentif yang dipakai, sistem akuntabilitas dan struktur kekuasaan. Sebagai sebuah lembaga yang melakukan aktifitas pelayanan, maka perpustakaan berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanannya, agar dapat memenuhi kebutuhan dari para pemustaka. Oleh karena itu Perpustakaan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mengadakan Seminar Nasional Perpustakaan dengan topik:

" Urgensi Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi"

Pada tangal dan waktu sebagai berikut:

Kamis, 28 Oktober 2021

13.00 WITA - selesai

VIA ZOOM

https://zoom.us/j/8659548245?pwd=dWVYdGhwRHNBbTdQR...

Meeting ID: 865 954 8245

Passcode: UHNJAYA

Live Streaming on Youtube

Narasumber:

Drs. Supriyanto, M.Si

(Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas RI)

Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum

(Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Udayana)

Moderator:

Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos., M.Si

(Dosen Ilmu Komunikasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)

Artikel Perpustakaan Lainnya

Problems and Challenges of Ebook Publishing Problems and Challenges of Ebook Publishing
 5 January 2018  701

This paper intends to, through an investigation of the present writing, investigate the present condition of the Ebook...

ASET PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN DATI II KULON PROGO ASET PENINGGALAN SEJARAH DI KABUPATEN DATI II KULON PROGO
 15 January 2014  6240

Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terbagi menjadi 12 wilayah kecamatan, yaitu : Kecamatan Sentolo,...

EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM KEISTIMEWAAN DIY EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM KEISTIMEWAAN DIY
 8 January 2014  1729

EKSISTENSI PERPUSTAKAAN DALAM KEISTIMEWAAN DIYOleh  : Alip SudardjoSekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip DaerahDaerah Istimewa...

Abstrak artikel Abstrak artikel " Human issues of library and information work"
 7 March 2012  1559

Ter mengunggah artikel