DPAD Yogyakarta

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY terus memompa semangat membaca masyarakat perdesaan

 Perpustakaan  13 November 2018  admin_FH  678
Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY terus memompa semangat membaca masyarakat perdesaan

Melalui Roadshow Minat Baca yang digelar di Balai Desa Tirtosari, Kecamatan Kretek, Senin (12/11), BPAD DIY berupaya menumbuhkan minat baca masyarakat di desa yang berada di kecamatan paling selatan di Bumi Projotamansari itu. Acara yang bertemakan Pembudayaan Kegemaran Membaca tersebut diikuti oleh warga Dusun Donotirto, Tirtohargo, Tirtosari, dan Kretek.

Kepala BPAD DIY Monika Nur Lastiyani mengatakan pertumbuhan minat baca sebanding dengan tumbuhnya sebuah generasi yang berkualitas. "Langkah yang kami lakukan adalah dengan menggelar roadshow seperti ini dan bedah buku," ujar dia kepada Harian Jogja, Senin.

Dia mengatakan berdasarkan survei tahun 2015 minat baca masyarakat DIY adalah 0,042 yang berarti dari 1000 orang ada 42 orang yang gemar membaca. Sedangkan berdasarkan survei UNESCO tahun 2015 minat baca rakyat Indonesia 0.001 artinya dari 1000 orang hanya ada satu orang yang mau membaca.

Dia mengklaim perpustakaan DIY punya pustakawan berprestasi. Selain itu selama tiga tahun berturut-turut (2015-2018), DIY sudah memiliki perpustakaan bertaraf nasional.

Dia berharap bahwa masyarakat tidak hanya membaca namun dari membaca dapat menulis buku yang menjadi sebuah karya yang bernilai ekonomis.

Sekretaris Komisi D DPRD DIY Suwardi yang didapuk sebagai salah satu pemateri dalam roadshow itu mengatakan Desa Tirtosari tercatat sebagai desa dengan kategori di Bantul. Oleh karena itu, Tirtosari, menurut dia perlu didorong agar warganya memiliki kebiasaan membaca. "Apalagi dengan adanya perpustakaan desa, seharusnya minat baca masyarakat bisa ditingkatkan," kata dia.

Suwardi mengakui Komisi D DPRD DIY dan BPAD DIY bekerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa-desa melalui membaca. Desa Tirtosari merupakan satu dari puluhan desa yang akan dituju acara Roadshow Minat Baca.

Kepala Desa Tirtosari, Longgar menjelaskan rerata pekerjaan penduduk desa Tirtosari adalah sebagai petani. Sebagian besar waktu warganya pun banyak dihabiskan di sawah. "Warga sini kalau sudah capek setelah bekerja di sawah biasanya istirahat atau menonton televisi," ujar dia.

Guna menumbuhkan iklim literasi di Tirtosari, pihaknya sudah menyiapkan sebuah perpustakaan yang ada di Balai Desa Tirtosari. Beberapa warga juga punya inisiatif membuka perpustakaan mini di rumah mereka.

"Masyarakat yang baca buku di sini biasanya ibu-ibu yang mengadakan pertemuan PKK, yang bagus ialah orang-orang atau anak dalam sebulan bisa tujuh kali ke perpustakaan mini punya warga," kata dia.


Sumber Harian Jogja

Perpustakaan Lainnya

PENDAFTARAN PESERTA TELAAH PUSTAKA BUDAYA JAWA PENDAFTARAN PESERTA TELAAH PUSTAKA BUDAYA JAWA "Keberagaman Kasusasteraan Brang Wetan Jawa Timur"
 12 July 2018  1249

Telaah Pustaka Budaya Jawa kali ini hadir kembali dengan tema "Keberagaman Kasusasteraan Brang Wetan Jawa Timur" dengan narasumber...

PENGUMUMAN LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN TAHUN 2015 PENGUMUMAN LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN TAHUN 2015
 3 June 2015  2277

PENGUMUMAN JUARA LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHANTINGKAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 BPAD DIY bekerjasama dengan...

Kegiatan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Kegiatan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan
 19 September 2018  1348

Dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaanyang jatuh pada tanggal 14 September 2018 , Grhatama Pustakamengadakan berbagai...

Pagelaran Semarak Pendidikan Yogyakarta 2016 Segera Dibuka Pagelaran Semarak Pendidikan Yogyakarta 2016 Segera Dibuka
 9 December 2016  851

9 Desemeber 2016, Berbagai Hasil Kreativitas Mahasiswa TeknologiPendidikan UNY akan dipamerkan di Grahatama Pustaka Yogyakarta....