DPAD Yogyakarta

Bedah Buku : “Kiai Nyentrik Membela Pemerintah” di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul

 Perpustakaan  12 February 2020  adminGP  931
Bedah Buku : “Kiai Nyentrik Membela Pemerintah” di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul

Yogyakarta - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY kembali mengadakan Bedah Buku karangan milik Abdurrahman Wahid dengan judul “Kiai Nyentrik Membela Pemerintah” pada hari Selasa, 11 Februari 2020 yang bertempatkan di SKB Bantul. Dalam kegiatan ini DPAD DIY menghadirkan beberapa Pembedah antara lain Ahmala Arifin (Penerbit LKiS), Umarudin Masdar, S.Ag. (Komisi D DPRD DIY), H. Basari Alwi, S.Ag. MA (Kepala Kemenag Kabupaten Bantul), Drs. Eddy Susanto (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul)

Sekretaris DPAD DIY, Suwardoyo S.H,M.Si dalam sambutannya pada kegiatan bedah buku ini, diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca di kalangan masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang sejarah mengenai dakwah para kiai di berbagai daerah berdasarkan uraian esai-esai dari tokoh besar Abdurrahman Wahid.

“Gus Dur itu manusia yang luar biasa, dan dibekali oleh kemampuan membaca dan memadukan banyak perspektif keilmuan sehingga memberinya keluwesan dalam berpikir dan memahami realitas. Dan buku Kiai Nyentrik Membela Pemerintah ini, bersama dengan karya-karya Gus Dur lainnya, menjadi puncak pemikiran Gus Dur yang sangat bernas dan inspiratif bagi kalangan Nahdliyyin muda pada masa-masa Orde Baru dan reformasi. Bagi saya, Gus Dur dan pemikiran-pemikirannya adalah warisan terbesar Mbah Hasyim Asy’ari bagi NU dan Indonesia, bahkan bagi warga Dunia. Warisan yang mesti dirawat, dipahami kembali, dikontekstualisasikan, dan dibumikan. Pandangan-pandangannya tentang agama dan negara, tentang Islam dan budaya lokal, dan tentang demokrasi dan keadilan.” Ungkap Ahmala Arifin selaku tim Penerbit LkiS. Setelah semua pembicara menyelesaikan paparannya, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan pendapat.

Perpustakaan Lainnya

Type of Library Services Type of Library Services
 2 December 2019  2739

Type of Library Services Writer: Hendrikus Franz Josef, M.Si Regional Library and Archive Office of...

Layanan Request Fulltext Artikel Luar Negeri Layanan Request Fulltext Artikel Luar Negeri
 1 April 2016  1337

Dear pemustaka Jogja,Kabar gembira bagi Pemustaka yang sedang menyusun tugas akhir (skripsi / tesis) maupun sedang dalam masa...

Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik) Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik)
 27 October 2020  750

Webinar: Metode Pengkajian Perpusdokinfo Seri 1 (Bibliometrik) Pada tanggal 27 Oktober 2020 jam 14.00 s.d 15.30 WIB...

WORKSHOP AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH  TAHUN 2018 WORKSHOP AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TAHUN 2018
 15 March 2018  2192

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY saat ini terus melakukan upaya dan inovasi dalam bidang kepustakaan. Salah satu...