DPAD Yogyakarta

BPAD DIY Bedah Buku di Wonolelo Pleret Bantul

 Perpustakaan  18 April 2018  Admins  940
 BPAD DIY Bedah Buku di Wonolelo Pleret Bantul

Badan Perpustakaan dan Arsp Daerah (BPAD) propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adakan Bedah Buku "Rancang Bangun Bisnis dan Pengelolaan BUM Desa". Bertempat di pendopo balai desa Wonolelo, kegiatan ini dihadiri oleh Muspika Kec. Pleret, Lurah Desa Wonolelo beserta Pamong Desa. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan pada hari rabu (18/4) ini diikuti oleh perwakilan dari Lembaga Pendidikan se Desa Wonolelo, Karang Taruna desa dan dusun se desa Wonolelo, Kader Kesehatan, LPMD, FPRB dan perwakilan lembaga desa yang lain. Tak lupa sebagai narasumber, dihadirkan Sukasmanto, penulis dari buku tersebut,dan juga sebagai pembedah mengundang Sekretaris Komisi D DPRD DIY, Drs. H Suwardi, Kepala Dinas Pengendalian penduduk, KB, Pemberdayaan Msayarakat dan Desa Kab. Bantul, dan Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm, APT (Lurah Panggungharjo) yang sudah sukses mengelola BUMDes di wilayahnya.

Lurah desa Wonolelo, Puji Astuti Sugiyanta, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimka kasih kepada BPAD DIY yang telah memberikan melaksanakan kegiatan ini. Selian itu, dia berharap, semoga dengan kegiatan ini mampu memberikan semangat dalam penka gelolaan BUMDes di Desa Wonoleo.

" Semoga dengan adanya kegaitan ini, BUMDes di desa Wonolelo akan semakin maju predikat sebagai desa tertinggal akan terhapus", imbuhnya.

Kegaitan Bedah Buku ini di buka oleh perwakilan dari BPAD DIY. Dalam sambutanya , perwakilan tersebut menyampaikan sambutan Kepala BPAD yang intinya, kegaitan ini sebagai cara untuk meningkatkan minta baca buku. BPAD DIY sudah melakukan bedah buku rata-rata seminggu sekai di seluruh wilayah DIY.

Selain membacakan sambutan kepala BPAD, dia juga berharap, degan adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan tentang pengelolaan BUMDes oleh masyarakat Wonolelo.

"Selain tentang pengelolaan BUMDes, kami berharap, masyarakat bisa meningkatkan minat baca buku koleksi perpustakaan desa Wonolelo", Imbuhnya..

Selanjutnya kegiatan bedah buku ini dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Muhyidin, S.TP. Untuk membuka kegiatan, dia memberikan sedikit gambaran tentang sumbe daya yang ada di Wonolelo. Selain itu dia juga menyampaikan tentang aktifitas yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Wonolelo untuk membentuk sebuah usaha demi kemaslahatan masyarakat.

Selanjutnya Penulis buku menyampaikan isi buku tesebut. Dia menerangkan tentang definis tentang BUMDes dan juga bagaiaman cara alur untuk membentuk sebuah BUMDes mulai dari awal perencanaan hingga pengelolaanya.

"Jangan pernah memikirkan bagaimana cara melaksanakan dan biaya untuk mengembangkan usahanya, tetapi amankan ide yang sudah ada dalam benak kita",tambahnya. Kegiatan Bedah Buku ini diakhiri dengan dialog bersama pembedah yang telah di undang

Sumber : http://wonolelo.bantulkab.go.id/index.php/first/ar...

Perpustakaan Lainnya

BPAD DIY Jalin Kerja Sama Dengan SIF BPAD DIY Jalin Kerja Sama Dengan SIF
 14 November 2017  841

Indonesia dan Singapura memiliki semangat yang sama dalam memajukan pendidikan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan...

DIY Panen Prestasi di Bidang Perpustakaan Dan Arsip DIY Panen Prestasi di Bidang Perpustakaan Dan Arsip
 28 September 2017  986

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar syukuran atas berbagai prestasi yang diraih DIY dalam lomba tingkat...

Aplikasi ePerpus Aplikasi ePerpus
 17 February 2020  2063

Aplikasi ePerpus Aplikasi berbasis system Android bernama ePerpus merupakan layanan perpustakaan digital yang memberi akses...

KREATIFITAS DAUR ULANG PLASTIK DI RUMAH BELAJAR MODERN KREATIFITAS DAUR ULANG PLASTIK DI RUMAH BELAJAR MODERN
 19 August 2016  1927

Mengingat bahwa plastik tidakdapat terurai dan akan menyebabkan dampak tidak baik untuk lingkungan sekitar,maka dari itu Rumah...