DPAD Yogyakarta

BPAD DIY Mengadakan Roadshow pembudayaan minat baca

 Perpustakaan  23 November 2018  admin_FH  1244
BPAD DIY Mengadakan Roadshow pembudayaan minat baca

BANTUL - Puluhan warga desa Sidomulyo, Ngajaran, Bambanglipuro, Bantul mengikuti roadshow pembudayaan minat baca yang digelar oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Kamis (22/11/2018) siang di pendopo dusun Ngajaran, Sidomulyo.

Kepala BPAD DIY Monika Nurlastiyani pun mengajak para warga, khususnya para orangtua untuk membangun budaya literasi dimulai dari rumah.

Orangtua hendaknya menjadi contoh bagi anak-anak mereka dalam berperilaku, dalam hal ini kebiasaan membaca.


Satu dari beberapa cara yang dapat dilakukan yakni dengan membacakan dongeng pada anak sebelum tidur.

"Membacakan dongeng sebelum tidur untuk membentuk kebiasaan membaca pada anak. Bisa dimulai dengan membaca buku dongeng yang sederhana saja," kata Monika pada kesempatan tersebut.

Membacakan dongeng sebelum tidur pada anak selain dapat menularkan kebiasaan membaca, juga dapat menanamkan budi pekerti pada anak.

"Untuk menjadi mulia dan bermartabat, kepala kita harus diisi dengan ilmu dan pengetahuan dengan membaca," ujarnya.

Selain itu, tak hanya untuk orangtua dan anak-anak, secara umum, kebiasaan membaca dapat memantik diri menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

"Manfaatnya kalau sudah dapat ilmu, kita jadi punya daya untuk kreatif, inovatif, memiliki gagasan baru," paparnya.

Monika mengatakan, buku yang dibaca juga baiknya disesuaikan dengan bidang yang diminati.


"Tidak perlu membaca buku bertema berat seperti buku-buku perkuliahan mahasiswa. Baca apa saja yang disukai misal buku tentang cara mengolah pisang dan sebagainya," tutur Monika.

Menyesuaikan bahan bacaan dengan kebutuhan atau dengan hal yang disukai akan memicu untuk lebih produktif.

"Misal di sini potensinya pisang, apa iya pisang setundun akan habis dimakan sendiri semua. Diapakke ya pisang ini, apa akan dibikin kripik pisang atau olahan lainnya. Bisa dengan membaca buku tentang mengolah pisang itu tadi," kata dia.

Sementara itu, anggota komisi D DPRD DIY Suwardi juga mendorong masyarakat agar sama-sama menumbuhkan semangat membaca.

Dimulai dari keluarga, tetangga, hingga menjangkau lingkup masyarakat yang lebih luas lagi.

"Ajak-ajak keluarga dan lingkungan sehingga semua masyarakat gemar membaca, dengan semangat paseduluran," kata Suwardi

Pihaknya berupaya menggugah masyarakat untuk mulai membudayakan gemar baca dengan mendorong untuk mengunjungi perpustakaan desa.

"Perpustakaan desa yang sudah ada agar bisa dioptimalkan fungsinya. Di DIY sudah ada beberapa contoh perpusdes, harapannya bisa jadi motivator ke masyarakat kalau membaca buku memang banyak manfaatnya," kata Suwardi.

Juga, selain berkunjung ke perpustakaan desa, ia berharap masyarakat tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan Grhatama Pustaka BPAD DIY di Banguntapan yang memiliki banyak koleksi dan fasilitas. (*)


Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2018/11/22/bpad-diy-aj...


Perpustakaan Lainnya

Bedah Buku Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Balai Desa Jatimulyo Bedah Buku Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Di Balai Desa Jatimulyo
 14 March 2019  1035

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY mengadakan Bedah buku yang dilaksanakan di Balai Desa Jatimulyo, Kec.Dlingo. Bantul...

Penyerahan Hasil Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Arsiparis dan Pustakawan di Lingkungan BPAD DIY Penyerahan Hasil Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Arsiparis dan Pustakawan di Lingkungan BPAD DIY
 31 January 2016  1181

Pada hari Senin tanggal 1 Februari 2016 telah dilaksanakan penyerahan Penetapan Angka Kredit (PAK) kepada arsiparis dan...

Librarian in the Global Village Community Librarian in the Global Village Community
 2 December 2019  685

Librarian in the Global Village Community Writer: Hendrikus Franz Josef, M.Si Regional Library and...

Bahan dan Pedoman Penyusunan Katalog Induk Daerah Tahun 2018 Bahan dan Pedoman Penyusunan Katalog Induk Daerah Tahun 2018
 28 August 2018  5696

Berikut ini file yang digunakan sebagai Bahan, format dan Pedoman Penyusunan Katalog Induk Daerah Tahun 2018dapat di download...