DPAD Yogyakarta

Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, Hasilnya...

 Perpustakaan  19 June 2020  Hadi Pranoto  601
Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, Hasilnya...

Tahun 2020, semua masyarakat di Indonesia bahkan dunia sedang fokus dengan pandemi Covid-19. Segala sumberdaya yang dimiliki pemerintah, swasta dan masyarakat di sebagian besar dialokasikan untuk penanganan Covid-19 serta dampaknya. Namun demikian, perpustakaan sebagai bagian dari unsur penting dalam mencerdaskan anak bangsa perlu tetap berkiprah menjadi bagian dalam memberikan informasi dan ilmu.

Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tahun 2020 menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh 8 perpustakaan desa/kelurahan di wilayah DIY,

  • Kabupaten Bantul diwakili oleh Perpustakaan Sendhang Kamulyan, Desa Dlingo dan Perpustakaan Griya Baca Trimurti Desa Trimurti.
  • Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Perpustakaan Balai Pintar Desa Pengkol dan Perpustakaan Cemerlang Desa Ngawu.
  • Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno dan Perpustakaan Swa Pustaka Desa Hargorejo.
  • Kabupaten Sleman diwakili oleh Perpustakaan Pena Desa Sumberharjo dan Perpustakaan Banyurejo Desa Banyurejo.
  • Sedangkan Kota Yogyakarta tahun ini tidak mengirimkan perwakilan.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Hasil dari penilaian administrasi yaitu terpilihnya 5 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian visitasi. Lima perpustakaan desa tersebut yaitu perpustakaan Balai Pintar, perpustakaan Sendhang Kamulyan, perpustakaan Pena, Perpustakaan Sari Ilmu dan Perpustakaan Swa Pustaka.

Penilaian berikutnya adalah melakukan visitasi dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis & Jum'at, 18 & 19 Juni 2020. Penilaian Visitasi ini sekaligus memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan presentasi. setelah dilakukan penilaian presentasi kemudian juri melakukan tanya jawab dan verifikasi kondisi perpustakaan yang sesungguhnya untuk mendapatkan gambaran utuh dan lengkap tentang kondisi perpustakaan. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrument dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2020.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, Tim Juri memutuskan hasil kejuaran dengan Berita Acara Nomor 041/04324 tanggal 19 Juni 2020 Tentang Penilaian dan Penetapan Juara Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY tahun 2020. Hasil lomba tersebut yaitu :

NO

PERPUSTAKAAN DESA

ALAMAT

NILAI

KET

1

Perpustakaan Desa Balai Pintar

Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul

740,5

Juara I

2

Perpustakaan Desa PENA

Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

719

Juara II

3

Perpustakaan Desa Swa Pustaka

Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo

664,5

Juara III

4

Perpustakaan Sari Ilmu

Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo

656

Juara Harapan I

5

Perpustakaan Sendhang Kamulyan

Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

647

Juara Harapan II

Dengan demikian, Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, selanjutnya akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2020. Tahapan lomba ditingkat Nasional dimulai dengan mengirimkan instrumen penilaian dan dokumen pendukung kepada Panitia Pusat yang berkantor di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kami ucapkan selamat Kepada Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, semoga dapat mengikuti tahapan lomba dengan lancar dan meraih kembali Juara 1 ditingkat Nasional sebagai wakil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perpustakaan Lainnya

Management and Process Preservation of Library Materials Management and Process Preservation of Library Materials
 2 December 2019  101

Management and Process Preservation of Library Materials Writer: Hendrikus Franz Josef, M.Si Regional...

Pustakawan Harus Cerdas, Hindari Plagiat Pustakawan Harus Cerdas, Hindari Plagiat
 4 June 2015  1166

YOGYA (KRjogja.com) - Dalam upaya meningkatkan pemasyarakatan perpustakaan dan minat baca, serta memahami Undang Undang Nomor 43...

Kunjungan dari SMP Lukman Hakim Interasional Bantul Kunjungan dari SMP Lukman Hakim Interasional Bantul
 9 May 2016  570

Pada hari senin tanggal 5 Mei 2016 Grhatama Pusataka mendapatkan kunjungan dari SMP Lukman Hakim Interasional Bantul. Disambut...

Kunjungan SMK Bhakti Nusantara Demak di DPAD DIY Kunjungan SMK Bhakti Nusantara Demak di DPAD DIY
 14 February 2019  239

Kamis 14 Februari 2019, DPAD DIY menerima kunjungan dari SMK Bhakti Nusantara Demak, sebanyak 29 Siswi dan 2 Guru pendamping....