DPAD Yogyakarta

Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, Hasilnya...

 Perpustakaan  19 June 2020  Hadi Pranoto  2674
Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020, Hasilnya...

Tahun 2020, semua masyarakat di Indonesia bahkan dunia sedang fokus dengan pandemi Covid-19. Segala sumberdaya yang dimiliki pemerintah, swasta dan masyarakat di sebagian besar dialokasikan untuk penanganan Covid-19 serta dampaknya. Namun demikian, perpustakaan sebagai bagian dari unsur penting dalam mencerdaskan anak bangsa perlu tetap berkiprah menjadi bagian dalam memberikan informasi dan ilmu.

Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tahun 2020 menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh 8 perpustakaan desa/kelurahan di wilayah DIY,

  • Kabupaten Bantul diwakili oleh Perpustakaan Sendhang Kamulyan, Desa Dlingo dan Perpustakaan Griya Baca Trimurti Desa Trimurti.
  • Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Perpustakaan Balai Pintar Desa Pengkol dan Perpustakaan Cemerlang Desa Ngawu.
  • Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Perpustakaan Sari Ilmu Desa Sukoreno dan Perpustakaan Swa Pustaka Desa Hargorejo.
  • Kabupaten Sleman diwakili oleh Perpustakaan Pena Desa Sumberharjo dan Perpustakaan Banyurejo Desa Banyurejo.
  • Sedangkan Kota Yogyakarta tahun ini tidak mengirimkan perwakilan.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2020. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Hasil dari penilaian administrasi yaitu terpilihnya 5 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian visitasi. Lima perpustakaan desa tersebut yaitu perpustakaan Balai Pintar, perpustakaan Sendhang Kamulyan, perpustakaan Pena, Perpustakaan Sari Ilmu dan Perpustakaan Swa Pustaka.

Penilaian berikutnya adalah melakukan visitasi dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis & Jum'at, 18 & 19 Juni 2020. Penilaian Visitasi ini sekaligus memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan presentasi. setelah dilakukan penilaian presentasi kemudian juri melakukan tanya jawab dan verifikasi kondisi perpustakaan yang sesungguhnya untuk mendapatkan gambaran utuh dan lengkap tentang kondisi perpustakaan. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrument dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2020.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, Tim Juri memutuskan hasil kejuaran dengan Berita Acara Nomor 041/04324 tanggal 19 Juni 2020 Tentang Penilaian dan Penetapan Juara Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY tahun 2020. Hasil lomba tersebut yaitu :

NO

PERPUSTAKAAN DESA

ALAMAT

NILAI

KET

1

Perpustakaan Desa Balai Pintar

Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul

740,5

Juara I

2

Perpustakaan Desa PENA

Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

719

Juara II

3

Perpustakaan Desa Swa Pustaka

Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo

664,5

Juara III

4

Perpustakaan Sari Ilmu

Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo

656

Juara Harapan I

5

Perpustakaan Sendhang Kamulyan

Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

647

Juara Harapan II

Dengan demikian, Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, selanjutnya akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2020. Tahapan lomba ditingkat Nasional dimulai dengan mengirimkan instrumen penilaian dan dokumen pendukung kepada Panitia Pusat yang berkantor di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kami ucapkan selamat Kepada Perpustakaan Balai Pintar, Desa Pengkol, semoga dapat mengikuti tahapan lomba dengan lancar dan meraih kembali Juara 1 ditingkat Nasional sebagai wakil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perpustakaan Lainnya

MATERI BIMTEK PERPUS SEKOLAH SMA/SMK/SLB MATERI BIMTEK PERPUS SEKOLAH SMA/SMK/SLB
 24 April 2018  838

Silahkan Download materi Bimtek pada Format PDF diatas

Bedah Buku : “Pemberian ASI Eksklusif sebagai Makanan Sempurna untuk Bayi” Bedah Buku : “Pemberian ASI Eksklusif sebagai Makanan Sempurna untuk Bayi”
 16 March 2020  790

Kesehatan Ibu dan Bayi pasca melahirkan sangat penting. Hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah pemberian ASI Eksklusif dimana...

Akreditasi Perpustakaan Sekolah DIY Tahun 2018 Akreditasi Perpustakaan Sekolah DIY Tahun 2018
 11 May 2018  2825

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY sebagai instansi pembina, dalam rangka pengembangan perpustakaan sekolah serta...

Roadshow Minat Baca Di Desa Sendangtirto Roadshow Minat Baca Di Desa Sendangtirto
 23 November 2018  1015

BPAD DIY kembali melaksanakan Road Show Minat Baca yang diselenggaakan di Balai Desa Sendangtirto, Slema Yogyakarta pada hari...