DPAD Yogyakarta

Pengumuman Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

 Pengumuman  28 May 2021  Adminaf  411
Pengumuman Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Tahun 2021, semua masyarakat di Indonesia bahkan dunia masih fokus dengan pandemi Covid-19. Segala sumberdaya yang dimiliki pemerintah, swasta dan masyarakat di sebagian besar dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan dampaknya. Namun demikian, perpustakaan sebagai bagian dari unsur penting dalam mencerdaskan anak bangsa perlu tetap berkiprah menjadi bagian dalam memberikan informasi dan ilmu.

Dinas perpustakaan dan Arsip Daerah DIY bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tahun 2021 menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh 9 perpustakaan desa/kelurahan di wilayah DIY, Kabupaten Bantul diwakili oleh Perpustakaan Pustaka Sembilan Kalurahan Guwosari dan Perpustakaan Griya Baca Trimurti Kalurahan Trimurti. Kabupaten Gunungkidul diwakili oleh Perpustakaan Cemerlang Kalurahan Ngawu dan Perpustakaan Indika Kalurahan Sambirejo. Kabupaten Kulon Progo diwakili oleh Perpustakaan Sidodadi Kalurahan Hargomulyo dan Perpustakaan Swapustaka Kalurahan Hargorejo. Kabupaten Sleman diwakili oleh Perpustakaan Pustaka Loka Kalurahan Condongcatur dan Perpustakaan Banyurejo Kalurahan Banyurejo. Sedangkan Kota Jogja diwakili oleh Perpustakaan Guntur Berdaya Kelurahan Gunung Ketur.

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2021. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. Hasil dari penilaian administrasi yaitu terpilihnya 5 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu penilaian Visitasi. Lima perpustakaan desa tersebut yaitu Perpustakaan Cemerlang, Perpustakaan Indika, Perpustakaan Banyurejo, Perpustakaan Sidodadi, dan Perpustakaan Guntur Berdaya.

Penilaian berikutnya adalah melakukan Visitasi dilaksanakan selama tiga hari yaitu Senin, Selasa & Kamis, 24, 25 & 27 Mei 2021. Penilaian Visitasi ini sekaligus memberikan kesempatan pada peserta untuk melakukan presentasi. Setelah dilakukan penilaian presentasi kemudian juri melakukan tanya jawab dan verifikasi kondisi perpustakaan yang sesungguhnya untuk mendapatkan gambaran utuh dan lengkap tentang kondisi perpustakaan. Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrumen dan presentasi peserta. Hasil dari penilaian Visitasi yaitu terpilihnya juara 1 s.d. Juara Harapan 2 Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY Tahun 2021.

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, Tim Juri memutuskan hasil kejuaran dengan Berita Acara Nomor 041/03141 tanggal 27 Mei 2021 Tentang Penilaian dan Penetapan Juara Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat DIY tahun 2021. Hasil lomba tersebut yaitu:

NO

PERPUSTAKAAN DESA

ALAMAT

NILAI

KET

1

Perpustakaan Banyurejo

Kalurahan Banyurejo, Tempel, Sleman

890,00

Juara I

2

Perpustakaan Guntur Berdaya

Kelurahan Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

854,50

Juara II

3

Perpustakaan Indika

Kalurahan Sambirejo, Ngawen, Gunungkidul

848,00

Juara III

4

Perpustakaan Cemerlang

Kalurahan Ngawu, Playen, Gunungkidul

843,00

Juara Harapan I

5

Perpustakaan Sidodadi

Kalurahan Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo

835,50

Juara Harapan II

Dengan demikian, Perpustakaan Banyurejo, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman selanjutnya akan menjadi wakil Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2021. Tahapan lomba di tingkat Nasional dimulai dengan mengirimkan instrumen penilaian dan dokumen pendukung kepada Panitia Pusat yang berkantor di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kami ucapkan selamat kepada Perpustakaan Banyurejo, Kalurahan Banyurejo semoga dapat mengikuti tahapan lomba dengan lancar dan meraih kembali Juara 1 di tingkat Nasional sebagai wakil Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengumuman Lainnya

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SMA/SMK/MA NEGERI/SWASTA PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA PERPUSTAKAAN SMA/SMK/MA NEGERI/SWASTA
 5 July 2014  1127

Setelah melakukan penilaian berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan, dengan ini Tim Yuri memutuskan pemenang Lomba...

PEMENANG PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK DIY 2017 PEMENANG PEMILIHAN PUSTAKAWAN BERPRESTASI TERBAIK DIY 2017
 24 May 2017  2604

Rangkaian tahapan pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017 berakhir pada...

Pengumuman Hasil Penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa dan Pengumuman Hasil Penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa dan
 28 April 2017  1209

Bersama ini kami umumkan hasil penilaian Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017....