DPAD Yogyakarta

Peresmian Diorama Arsip Jogja dan Gedung Depo Arsip DPAD DIY

 Kearsipan  24 February 2022  admin-mas  5639
Peresmian Diorama Arsip Jogja dan Gedung Depo Arsip DPAD DIY

Yogyakarta – Kamis, 24 Februari 2022, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, memberikan sambutan dalam acara Peresmian Diorama Arsip Jogja dan Gedung Depo Arsip DPAD DIY. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Imam Gunarto, M.Hum, Ketua DPRD DIY Nuryadi, S.Pd, Deputi II Perpustakaan Nasional RI, Kepala DPAD DIY, Dra. Monika Nur Lastiyani, MM., dan Kepala DPAD se-Indonesia serta jajaran Forkopimda DIY.

“Arsip merupakan identitas dan harkat sebuah bangsa, karena melalui arsip dapat tergambar perjalanan sejarah bangsa dari masa ke masa. Betapa pentingnya arsip ini, sehingga tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya. Diorama Kearsipan ini diharapkan dapat memberikan penjelasan tentang sejarah DIY secara runtut dari masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan DIY,” papar Sri Sultan Hamengku Buwono X pada saat meresmikan Diorama Arsip Jogja di Gedung Depo Arsip DPAD DIY.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut diresmikannya Diorama Arsip Jogja merupakan bukti nyata untuk menghidupkan arsip sejarah DIY dan merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan sejarah kepada generasi muda dengan cara yang menarik. Setiap pengunjung dapat membayangkan dan merasakan pengalaman sejarah mendekati seperti sebenarnya. “Karena diorama ini dibangun dan ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi.” tambahnya.

Beliau berharap para pengunjung, khususnya pelajar, mahasiswa, akademisi, ataupun peneliti bisa memanfaatkan diorama kearsipan. Sebab, diorama memberikan akses arsip sejarah yang luas yang bisa digunakan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, dan pembangunan. Di mana kaidah-kaidah kearsipan dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan bangsa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Dra. Monika Nur Lastiyani, MM, menjelaskan bahwa terdapat ratusan orang yang terlibat dalam pembuatan diorama arsip. “Ada 250 seniman dan ahli teknologi, praktisi audio video, ahli kearsiapan, ahli sejarah, akademisi maupun praktisi dari berbagi bidang ilmu yang membantu mengawasi.” jelasnya.

“Perjalanan diorama kearsipan dimulai dengan penyusunan naskah storyline tahun 2018. Berisi gambaran periodisasi sejarah sejak Panembahan Senopati hingga sampai dengan keistimewaan DIY yang disusun secara kronologis dan sistematis. Di mana naskah ini menjadi pedoman visualisasi di dalam bentuk diorama, hologram atau media digital elektronik berdasarkan arsip sebagai landasan utamanya.” ungkap Kepala DPAD DIY, Monika Nur Lastiyani, MM.

Diorama Arsip Jogja dapat dikunjungi oleh masyarakat umum secara individu maupun kelompok dengan mengakses website arsipjogja.id. untuk pemesanan tiketnya. Diorama Arsip Jogja yang beralamatkan di LT 1 Gedung Depo Arsip DPAD DIY Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 09.00 – 14.20 WIB.

Kearsipan Lainnya

Sosialisi sekolah peserta Sosialisi sekolah peserta
 2 July 2018  1301

Silahkan download file Sosialisi sekolah peserta disini

SYARAT PENULISAN ARTIKEL KEARSIPAN SYARAT PENULISAN ARTIKEL KEARSIPAN
 20 July 2011  3833

Pada tahun 2010 ini BPAD Provinsi DIY telah memilih 30 artikel yang akan diterbitkan pada portal BPAD, untuk mengingatkan kepada...

KUNJUNGAN DARI BAPPEDA PROVINSI JAWA TENGAH KUNJUNGAN DARI BAPPEDA PROVINSI JAWA TENGAH
 18 November 2022  311

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menerima kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan...

SELAMAT : ASOSISASI ARSIPARIS INDONESIA (AAI) DIY PERIODE 2023-2026, TERLANTIK ! SELAMAT : ASOSISASI ARSIPARIS INDONESIA (AAI) DIY PERIODE 2023-2026, TERLANTIK !
 22 June 2023  219

Selamat dan Sukses atas Pelantikan dan Pengukuhan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Periode...