DPAD Yogyakarta

Rakor JLA : Jaringan Perpustakaan Digital: Isu-Isu Teknis, Strat

 Event  11 October 2012  Super Administrator  2480
Rakor JLA : Jaringan Perpustakaan Digital: Isu-Isu Teknis, Strat

BPAD Provinsi DIY sebagai koordinator teknis Jaringan perpustakaan Jogja Library for All (JLA), menyelenggarakan rapat koordinasi anggota Jogja Library for All. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 04 Oktober 2012, bertempat di Unit VIII lantai 3 Biro Umum, Humas dan Protokol, Setda Provinsi DIY. Kepala BPAD Provinsi DIY dr. Andung Prihadi S., M.Kes, dalam sambutannya, memaparkan beberapa capaian kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Jogja Library for All termasuk didalamnya adalah penambahan anggota JLA berjumlah 7 perpustakaan. Pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan progress pembangunan gedung baru Perpustakaan BPAD Provinsi DIY yang berlokasi di Jl. Janti (sebelah timur gedung JEC) yang nantinya diharapkan mampu menjadi perpustakaan modern yang terintegrasi dengan layanan JLA. Setelah sambutan dan paparan kepala BPAD Provinsi DIY, kegiatan rakor JLA kemudian dilanjutkan dengan beberapa kegiatan yaitu :

  1. Sosialisasi Nota Kesepahaman dan Dokumen Operasional Pemanfaatan Kartu JLA oleh : Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
  2. Presentasi/ Paparan Oleh Prof. Dr. Ir. Achmad Djunaedi, MUP, PhD. Dengan tema “Jaringan Perpustakaan Digital: Isu-isu Teknis, Strategis dan Masa Depan”
  3. Presentasi/ Testimoni dari perpustakaan unit anggota JLA oleh: Drs. Lasa HS. (Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dan M. Solihin Arianto, SAg. SIP, M.Lis (Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Dalam paparan sosialisasi Nota Kesepahaman dan Dokumen Operasional Pemanfaatan Kartu JLA,  Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS menekankan pada pentingnya keaktifan anggota JLA dalam mengupdate conten digital pada website JLA sehingga keberagaman konten digital di website JLA semakin bertambah. Paparan sosialisasi Nota Kesepahaman dan Dokumen Operasional Pemanfaatan Kartu JLA diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Dokumen Operasional Pemanfaatan Kartu JLA oleh Kepala BPAD Provinsi DIY dr. Andung Prihadi S., M.Kes dan anggota perpustakaan JLA yang diwakili secara simbolis oleh Kepala Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta A. Tri Susiati, S. Kom., MA.

Dalam paparannya Prof. Dr. Ir. Achmad Djunaedi, MUP, PhD. menyampaikan isu-isu teknis dan strategis pengembangan jaringan perpustakaan digital dimana dalam mengembangkan sebuah jaringan perpustakaan digital diperlukan strategi antara lain : meningkatkan jaringan kolaborasi sesama anggota jaringan, meningkatkan koleksi digital, meningkatkan produksi pustaka digital dan memasarkan layanan perpustakaan digital.

Paparan selanjutnya merupakan testimony dari perpustakaan unit anggota JLA yang disampaikan oleh Drs. Lasa HS (Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dan M. Solihin Arianto, SAg. SIP, M.Lis (Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Paparan ini dimaksudkan sebagai sarana bertukar informasi mengenai pelaksanaan dan implementasi kerjasama JLA pada masing-masing unit anggota JLA, sehingga jaringan kerjasama JLA yang selama ini sudah terjalin, menjadi lebih solid. (ZK)

Foto Kegiatan :

image

image

Event Lainnya

Struktur Organisasi Struktur Organisasi
 29 March 2008  6419

1.  Unsur Pimpinan :    Kepala Kantor Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta2.  Unsur Pembantu Pimpinan :    Sub...

Penandatanganan Pakta Integritas Penandatanganan Pakta Integritas
 18 April 2012  2778

Dalam upaya mewujudkan aparat pemerintah dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil Provinsi DIY yang bersih dari korupsi, kolusi dan...

Momen Istimewa Yogyakarta Momen Istimewa Yogyakarta
 3 April 2008  5367

Istimewa Sebagai Ketentuan Sejarah Suatu peristiwa sejarah dikatakan sebagai suatu hal yang unik. Dikatakan unik karena...

SELVING DAY Divisi Pelayanan SELVING DAY Divisi Pelayanan
 20 July 2011  2491

Pada hari Jum'at, 28 Januari 2010, dilaksanakan kegiatan penataan ulang koleksi buku secara serempak oleh petugas shelving yang...