DPAD Yogyakarta

Webinar Penguatan Budaya lLiterasi

 Perpustakaan  1 November 2021  Hendrikus Franz Josef, M.Si  145  637
Webinar Penguatan Budaya lLiterasi

Webinar Penguatan Budaya Lierasi

Pertumbuhan informasi saat ini kian pesat dan beragam. Arus informasi tidak dapat dihindari dari kehidupan masyarakat. Kehadiran teknologi juga meningkatkan aktivitas masyarakat terhadap informasi. Selain itu, untuk dapat beradaptasi dengan teknologi informasi maka dibutuhkan kemampuan literasi. Hal ini sebagai modal bagi masyarakat untuk dapat bersaing di tengah ledakan informasi. Oleh karena itu, apa sesungguhnya konsep literasi?.

Pengertian literasi, apa sih yang dimaksud dengan literasi “literacy”?? Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Dan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

Definisi baru dari literasi menunjukkan paradigma baru dalam upaya memaknai literasi dan pembelajaran nya. Kini ungkapan literasi memiliki banyak variasi, seperti Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya. Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba: memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis.

Dan secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang dimana artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.

Bagaimana kualifikasi literasi yang dibutuhkan individu sebagai bagian dari SDM organisasi?, Bagaimana antisipasi individu dalam memerangi hoax?, Bagaimana cara individu dalam meningkatkan literasi?, Temukan jawabannya dalam webinar kami.

Keynote Speaker:

Drs. Deni Kurniadi, M.Hum.

(Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan)

Opening Speech:

Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D., D.Ag.

(Direktur Politeknik Internasional Bali)

Narasumber:

Gol A Gong

(Duta Baca Indonesia)

Maria Harfanti

(Miss Indonesia 2015 & News Presenter SEA Today)

Moderator:

Ni Putu Premierita Haryanti, S.Sos., S.E., M.A

(Kepala UPT. Perpustakaan Politeknik Internasional Bali)

Catat waktunya:

Jumat, 5 November 2021

Pukul 09.30 - 12.00 WITA

Untuk mengikuti acara tersebut, #SahabatPerpusnas tidak perlu mendaftar. Silakan langsung bergabung pada tanggal tersebut diatas, melalui:

Webinar ID : 831 6286 1767

Passcode: literasi

Link : https://s.id/literasiinformasi21

Narahubung :

08998750999 (Ahara)

Perpustakaan Lainnya

Literatur Sekunder (Bibliografi Daerah, Katalog Induk Daerah, Acession List)  Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021 Literatur Sekunder (Bibliografi Daerah, Katalog Induk Daerah, Acession List) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021
 20 January 2022  2485

Pengertian dari Literatur sekunder adalah bentuk informasi yang merupakan petunjuk, ringkasan, evaluasi, maupun kritikan terhadap...

SUKSES; RE-SERTIFIKASI SMM ISO 9001:2015 DPAD DIY SUKSES; RE-SERTIFIKASI SMM ISO 9001:2015 DPAD DIY
 9 December 2019  818

SUKSES; RE-SERTIFIKASI SMM ISO 9001:2015 DPAD DIYHari rabu tanggal 20 Nopember 2019 menjadi puncak rangkaian persiapan...

Pengumuman Pemenang Lomba Maskot Perpustakaan BPAD DIY Pengumuman Pemenang Lomba Maskot Perpustakaan BPAD DIY
 25 November 2015  1301

Setelah diadakan pendaftaran lomba Cipta MaskotPerpustakaan BPAD DIY pada tanggal 12 - 19 November 2015 kami telah...

KUNJUNGAN INSTANSI SMK NURUL ILMI TASIK MALAYA KE BPAD DIY KUNJUNGAN INSTANSI SMK NURUL ILMI TASIK MALAYA KE BPAD DIY
 19 January 2016  1220

Rabu, 20 januari 2016. BPAD menerima kunjungan dari SMKNURUL ILMI Tasik Malaya. Rombongan dipimpin oleh Ibu Euis Imas Zamzam...