DPAD Yogyakarta

WORKSHOP INDIKATOR KINERJA KUNCI (IKK) BIDANG PERPUSTAKAAN

 Perpustakaan  17 November 2022  admin-mas  27
WORKSHOP INDIKATOR KINERJA KUNCI (IKK) BIDANG PERPUSTAKAAN

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY mengadakan rangkaian kegiatan Workshop Indikator Kinerja Kunci (IKK) Bidang Perpustakaan pada hari Kamis (17/11/2022) bertempat di Hotel Grand Ambarukmo Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten/Kota se-DIY dengan masing-masing mengirimkan 10 orang pustkawan dari instansi tersebut. Selain itu tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan cara menghitung nilai Indikator Pembangunan LIterasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca .

Acara pertama kali dibuka oleh Kepala DPAD DIY Dra. Monika Nur Lastiyani, MM mengingatkan Visi Misi Gubernur yang salah satunya terwujudnya peningkatan kualitas hidup - penghidupan masyarakat yang berkeadilan dan berkeadaban, melalui peningkatan kemampuan dan peningkatan keterampilan sumber daya manusia Jogja yang berdaya saing.

Untuk mendukung terwujudnya Visi Gubernur DIY 2022 - 2027, DPAD DIY berupaya membuat kebijakan dan strategi yang efektif untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan meningkatnya literasi masyarakat di DIY. Sebagai dasar pembuatan kebijakan, diperlukan adanya data yang akurat mengenai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), ungkap "Monika".

Dalam mendukung terselenggaranya Workshop IKK BIdang Perpustakaan ini, DPAD DIY melibatkan Narasumber dari Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI diantaranya : Endy SAntoso, S.S., M.Hum (Subkoordinator Substansi Analisis Perpustakaan Umum dan Khusus), Sadariyah Ariningrum W, S.Hum., M.Si (Pustakawan AHli Pertama) dan Mutia Jelita S.Kom (Analisis Sistem Informasi).

Penghujung acara, Workshop di tutup oleh Muhamad Rosyid Budiman, S.Si selaku Kabid. Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan menyampaikan harapannya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota agar dapat mengukur Nilai IPLM dan TGM secara mandiri di wilayah Kabupaten/Kota masing-masing, karena setiap daerah memiliki komponen nilai yang berbeda.

oleh : Trilastiti Suryaningtyas, S.S

Perpustakaan Lainnya

SELAMAT; NUGRA JASA DHARMA PUSTALOKA UNTUK KEPALA DPAD DIY SELAMAT; NUGRA JASA DHARMA PUSTALOKA UNTUK KEPALA DPAD DIY
 15 November 2022  4

Dra. Monika Nur Lastiyani, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka...

Raker JLA (Jogja Library for All) di Grhatama Pustaka Raker JLA (Jogja Library for All) di Grhatama Pustaka
 25 February 2016  1901

Pada hari kamis tanggal 27 februari 2016 bertempatkan diGrhatama pustaka JLA mengadakan rapat kerja yang di hadiri segenap mitra...

FESTIVAL CANDORI TIK 2016 DI GRHATAMA PUSTAKA FESTIVAL CANDORI TIK 2016 DI GRHATAMA PUSTAKA
 17 September 2016  981

bertempat di Grhatama Pustaka, Jl. Raya Janti, GendongKuning, Bantul, D.I. Yogyakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika...

Kunjungan KPAD Kabupaten Pacitan Ke BPAD DIY Kunjungan KPAD Kabupaten Pacitan Ke BPAD DIY
 15 April 2016  887

Jumat (15-04-2016). Dalamrangka studi komparatif tentang Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan, KantorPerpustakaan Arsip Daerah...