DPAD Yogyakarta

Yogyakarta dan Arsip

 Kearsipan  20 July 2011  Super Administrator  2899

Dilihat dari peran dan aspek sejarah kota Yogyakarta, tidak dapat dipungkiri bahwa Yogyakarta senantiasa tercatat sebagai kota yang memiliki peran sejarah dalam menegakkan Republik Indonesia. Hal tersebut terekam dalam arsip maupun dokumen lain yang tercipta pada jamannya.

Demikian halnya dengan predikat Yogyakarta sebagai Kota Budaya dan Pendidikan sangat kental dengan nuansa intelektual. Dalam konteks kekinian nuansa intelektual terukur dari kemampuan olah pikir yang dipengaruhi oleh penguasaan informasi. Pemanfaatan sumber informasi menjadi tolok ukur dari kadar intelektualitas suatu masyarakat. Sebagai sumber informasi, arsip mestinya menjadi alternatif masyarakat intelektual dalam memperoleh informasi. Perlu disadari bahwa predikat Kota Pendidikan tidak semata-mata diukur dari jumlah perguruan tinggi, lembaga pendidikan lain, atau jumlah mahasiswa semata.

Mempertahankan predikat Kota Budaya dan Pendidikan tidak cukup dengan memperbanyak lembaga pendidikan, apalagi sekedar slogan, atau rumah budaya. Lebih dari itu harus diciptakan iklim yang mampu mendorong masyarakat agar berpola pikir ilmiah, cerdas, jujur, dan inovatif, serta mampu menguasai dan melahirkan karya-karya intelektual yang monumental. Sejarah mencatat, karya-karya intelektual memiliki kekuatan untuk menembus dimensi ruang dan waktu, serta memiliki kekuatan untuk lahirnya perubahan nilai. Athena dan Sparta, dua kota di Yunani, merupakan bukti abadi hal ini. Athena merupakan sebuah kota yang tumbuh dengan bertumpu pada kemampuan intelektual telah melahirkan karya-karya yang tidak sekedar monumental tetapi menjadi ruh bagi peradaban manusia selanjutnya. Sedangkan Sparta yang lebih bertumpu pada kekuatan otot dan kekuatan militer, hanya menjadi monumen bagi peradaban manusia masa silam.

Kearsipan Lainnya

LAPORAN PELAKSANAAN PENGUKURAN IKM LAPORAN PELAKSANAAN PENGUKURAN IKM
 6 September 2019  1449

Laporan pelaksanaan kegiatan IKM

Analisa  Jabatan Fungsional Arsiparis Analisa Jabatan Fungsional Arsiparis
 20 July 2011  14121

Analisa Jabatan Fungsional Arsiparis Oleh Anna Nunuk Nuryani, Dra Arsiparis Madya BPAD Provinsi DIY Dalam rangka meningkatkan...

Seri Terbitan Naskah Sumber Arsip Seri Terbitan Naskah Sumber Arsip
 20 July 2011  5019

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD Provinsi DIY) sebagai Lembaga Kearsipan Daerah mempunyai tugas menghimpun,...

10 FINALISASI DUTA ARSIP DIY MENJALANI TES WAWANCARA 10 FINALISASI DUTA ARSIP DIY MENJALANI TES WAWANCARA
 28 June 2022  374

Sebanyak 10 finalis Duta Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta menjalani seleksi wawancara, Selasa 28 Juni 2022, bertempat di Ruang...