25 September, 2018

Materi Telaah Pustaka Budaya Jawa dengan tema “RUANG LINGKUP SENI BUDAYA JAWA BARAT”

UNDUH DISINI

Dalam keanekaragaman warisan budaya, kita mengenal berupa warisan budaya benda (Tangible cultural heritage) maupun warisan budaya tak benda (Intangible cultural heritage). Keduanya membentuk sinergi yang sangat baik bagi kemajuan suatu bangsa. Akan tetapi di lain sisi, keanekaragaman warisan budaya bak menjadi sebilah mata pisau yang memiliki dua mata sisi. Selain keuntungan, tentu di balik keuntungan tersebut terselip konsekuensi yang tidak ringan. Konsekuensinya adalah, kita sebagai bangsa Indonesia, berkewajiban untuk menjaga bermacam warisan budaya tersebut agar tidak punah dan parahnya lagi bila sampai direbut bangsa lain. Hal ini jangan sampai terjadi.
Melestarikan budaya khususnya budaya yang ada di pulau Jawa ini merupakan tanggung jawab bersama antar anggota yang tergabung dalam COE Center of Excellence Budaya Jawa. Tanggung jawab perpustakaan sebagai penyimpan khazanah budaya dalam koleksi-koleksi yang dimilikinya, maka tak berhenti disitu tugas perpustakaan. Namun, lebih jauh bagaimana melestarikan keragaman budaya tersebut supaya generasi muda mampu melanjutkan estafet tersebut.

Nama Kegiatan: Telaah Pustaka Budaya Jawa

Tema: “RUANG LINGKUP SENI BUDAYA JAWA BARAT” Tahun ini Telaah Pustaka Budaya Jawa diagendakan selama enam kali, dan bulan September ini sudah yang ke 5 kali

Narasumber 1. Dr. RM. Yusuf Wiradireja, S.Kar. M.Humseorang seniman sekaligu Dosen di Institut Seni Budaya Indonesia BandungNarasumber 2. Prof. Dr. H Dudung Abdurrahman, M.HumDosen Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam UIN Sunan KalijagaJumlah Peserta 50 (Akademisi, Pemerhati Budaya, Dinas Perpus Kab/Kota se DIY, Dinas Kebudayaan DIY, dan peserta umum lainnya)

Harapannya, semoga kegiatan telaah pustaka mampu memberi sumbangsih pemikiran serta memberi ruang untuk mendiskusikan kebudayaan yang ada di pulau Jawa, agar generasi mendatang tetap bangga dengan kebudayaannya sendiri.