DPAD Yogyakarta

Strategi Menyelamatkan Arsip Sejak Dini

 Artikel Kearsipan  19 November 2015  BPAD DIY  809  3309
Download:  1447979738_811.pdf

Tidak ada satu organisasipun yang tidak memiliki arsip. Sesederhana apapun sebuah organisasi pasti memiliki arsip, bahkan sejak organisasi tersebut terbentuk. Pada lingkungan pemerintah daerah, arsip yang pertama kali tercipta adalah arsip tentang pembentukan lembaga yaitu arsip yang berupa peraturan daerah mengenai pembentukan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang berupa badan, dinas, kantor, unit pelaksana teknis, dan unit-unit kerja yang lain.


Berawal dari arsip yang berupa peraturan daerah tersebut akan lahir arsip-arsip lain seperti peraturan kepala daerah tentang struktur organisasi, tugas dan fungsi SKPD. Dan dari uraian tugas dan fungsi SKPD tersebut terciptalah arsip-arsip tentang visi dan misi organisasi, rencana strategis, rencana jangka pandek, rencana jangka menengah, rencana jangka panjang, program kerja tahunan, dan arsip-arsip tentang kegiatan. Dari program dan kegiatan akan tercipta arsip-arsip yang berupa bukti pelaksanaan kegiatan, bukti-bukti transaksi, laporan-laporan pertanggungjawaban, dan lain sebagainya yang tidak ada hentinya arsip akan tercipta terus menerus seirama dengan kegiatan yang dilaksanakan. Sehingga melalui jenis arsip yang tercipta akan dapat diketahui bagaimana organisasi menjalankan tugas dan fungsinya.

Artikel Kearsipan Lainnya

Perawan di Kampung Orang yang Sakit Ingatan Perawan di Kampung Orang yang Sakit Ingatan
 6 August 2008  2677

Berbicara arsip dalam konteks Indonesia adalah berbicara tentang obyek yang vital tetapi tidak banyak diperhatikan. Ibarat organ...

Standar Elemen Informasi Jaringan Informasi Kearsipan Nasional. Standar Elemen Informasi Jaringan Informasi Kearsipan Nasional.
 27 December 2010  3601

Elemen informasi adalah deskripsi maupun informasi yang harus ada dan dicantumkan di dalam daftar inventaris arsip statis dimana...

Lomba Tata Kearsipan SKPD-UPTD Lomba Tata Kearsipan SKPD-UPTD
 31 December 2015  2374

PEMBINAAN SDM KEARSIPAN MENUJU TERTIB ARSIP PEMBINAAN SDM KEARSIPAN MENUJU TERTIB ARSIP
 8 January 2014  3495

A.    Latar Belakang            Dalam Peraturan Daerah Nomor 07 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja...