Perpustakaan 3.0 untuk Perpustakaan Umum
Penulis: Hubert C. Y. Chan
Universitas Polytechnic Hing Koing,
Email: hubertchan@hkc.net
Diterima 24 September 2015; diterima24 October 2015; diterbitkan October 2015
Hak Cipta© 2015 oleh Penulis and Perusahaan Penerbitan Penelitian Ilmu Pengetahuan.
Makalah ini merupakan kerjasama di bawahthe Creative Commons Attribution International License (CC BY). http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Abstrak
Jumlah pengunjung perpustakaan umum telah menurun di sebagian besar kota-kota maju sebagai akibat dari digitalsi dan proliferasi Internet. Peran perpustakaan umum harus diubah menjadi tempat untuk wacana, kolaborasi rekan, pembelajaran sosial, dan khususnya inspirasi melalui dan belajar dari berbagai orang. Dengan demikian modal sosial dapat dibangun dan proses pembangunan sosial modal dapat menjadi bagian dari pengembangan masyarakat. Berdasarkan prinsip Perpustakaan 3.0 dan keterhubungan yang dianggap sebagai teori pembelajaran di era digital ini, dan studi tentang perpustakaan umum “di masa depan”, makalah ini mendukung bahwa implementasi Perpustakaan 3.0 dapat memfasilitasi konversi ini dengan penekanan pada pentingnya Personalisasi dalam penciptaan ruang/zona yang berbeda untuk individu. Perpustakaan 3.0 pada kenyataannya diperkenalkan di akhir.
Kata Kunci Web3.0, Perpustakaan 3.0, Teori Pembelajaran, keterhubungan, Perpustakaan Umum
Artikel Perpustakaan Lainnya
PENDAHULUANPelestarian bahan pustaka secara umum memiliki dua unsur utama, yaitu pelestarian dalam bentuk fisik dan pelestarikan...
Pada kesempatan ini para pembaca dan pemerhati sejarah kami tampilkan uraian seorang tokoh pergerakan wanita Indonesia dari...
Dalam kurun waktu 24 jam setelah dirilis Windows 8 Consumer Preview telah diunduh satu juta kali. Tentu ini menjadi kabar gembira...
Menurut Online Dictionary for Library and Information Science, koleksi langka adalah sebuah koleksi buku yang sulit ditemukan...