DPAD Yogyakarta

Kunjungan Dewan Perpustakaan DIY

 Event  17 December 2013  Super Administrator  3149
Kunjungan Dewan Perpustakaan DIY

Perpustakaan dikenal sebagai gerbang pengetahuan. Namun peran perpustakaan tidak hanya sebatas itu. Dengan koleksi manuskrip dan naskah kuno yang dimiliki, perpustakaan diharapkan mampu menjadi bagian dalam pembangunan sebuah peradaban.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah audiensi dengan Pengurus Dewan perpustakaan DIY, belum lama ini. Gubernur berharap Dewan perpustakaan mampu merangkul perpustakaan yang memiliki kekayaan literatur budaya lokal agar dapat mempertajam keistimewaan Yogyakarta.

Berbekal amanat dari Gubernur, Dewan Perpustakaan DIY yang merupakan gabungan dari berbagai praktisi dan tenaga ahli di bidang perpustakaan baru-baru ini telah membentuk tim kecil untuk mengidentifikasi masalah pada enam perpustakaan yang memiliki kekayaan koleksi budaya Yogyakarta. Perpustakaan-perpustakaan tersebut antara lain Perpustakaan Kraton Yogyakarta, Perpustakaan Puro Pakualaman, Perpustakaan Museum Sonobudoyo, Perpustakaan Taman Siswa, Perpustakaan KH. Ahmad Dahlan dan Perpustakaan Kota Gede.

Tim identifikasi terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama berkunjung ke Perpustakaan yang terletak di Kraton, Museum Sono Budoyo, dan Perpustakaan milik KH. Ahmad Dahlan. Kelompok dua berkunjung ke Perpustakaan Puro Pakualaman, Museum Dewantara Kirti Griya (Taman Siswa) dan Kota Gede.

Setelah terjun langsung ke lapangan, tim menemui banyak koleksi manuskrip atau naskah kuno dalam keadaan yang cukup memprihatinkan karena belum mendapatkan penanganan preservasi ataupun perawatan yang memadai. Kendala sumber daya manusia dari jumlah penjaga perpustakaan yang kurang, hingga masih minimnya pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan juga menjadi salah satu hal yang ditemui oleh tim identifikasi.

Melalui identifikasi ini, tim Dewan Perpustakaan mengorganisir permasalahan yang terkumpul dan menjadikannya dasar pembahasan dalam rangkaian acara Seminar dan FGD Rancang Bangun Perpustakaan. (don)

Event Lainnya

Rapat Koordinasi Jogja Library for All (JLA) Rapat Koordinasi Jogja Library for All (JLA)
 2 October 2010  2564

 Pada tanggal 29 September 2010, bertempat di Aula BPAD Provinsi DIY, jalan TRM 29 Yogyakarta, telah dilaksanakan rapat...

Penandatanganan Pakta Integritas Penandatanganan Pakta Integritas
 18 April 2012  2871

Dalam upaya mewujudkan aparat pemerintah dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil Provinsi DIY yang bersih dari korupsi, kolusi dan...

Forum Asistensi dan Konsultasi Pengelolaan Arsip Statis Forum Asistensi dan Konsultasi Pengelolaan Arsip Statis
 16 October 2010  2225

Forum Asistensi dan Konsultasi Pengelolaan Arsip StatisKabupaten / Kota Se- Provinsi DIYOlehAnna Nunuk NuryaniBerdasarkan amanat ...

Bimtek Pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan
 21 November 2017  4035

Perpustakaan Nasional RI melalui Badan perpustakaan dan Arsip Daerah DIY pada tahun 2017 memberikan bantuan pengembangan...