DPAD Yogyakarta

Seminal Nasinal

 Artikel Perpustakaan  28 October 2021  Hendrikus Franz Josef, M.Si  256  1711
Seminal Nasinal


Seminar Nasional

Saat ini, berbagai perguruan tinggi dan universitas mengupayakan pembangunan perpustakaan digital dan mengalokasikan sumberdaya keuangan untuk pengembangan hardware perpustakaan mereka.Website perpustakaan dibangun, Online Public Access Catalog dapat kita nikmati, serta kunjungan offline dengan ruang yang nyaman, bangku dan perabot yang berkualitas serta menarik.Namun, kitapun juga dapat melihat bahwa sumberdaya manusia baik dalam sisi manajerial maupun dalam layanan informasi masih jauh dari harapan.Tingkat kualitas manajemen pengelolaan perpustakaan dan layanan informasi sangat tergantung dari kualitas sumberdaya manusia.Hal ini menjadi masalah utama bagi perpustakaan universitas untuk beradaptasi pada situasi baru di era jaringan informasi dan komunikasi yang demikian pesat

Kualitas layanan perpustakaan mengacu kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Maka perpustakaan yang baik merupakan perpustakaan yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap pemustaka secara cepat dan tepat. Adapun teori yang digunakan dalam kajian ini antara lain: Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, faktor penentu kualitas pelayanan dan pengawasan. Pembahasannya adalah Kualitas total suatu jasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: word of mouth communication, personal need, past experience, external communications to customer. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kualitas layanan pada sebuah lembaga yaitu tujuan organisasi, sistem insentif yang dipakai, sistem akuntabilitas dan struktur kekuasaan. Sebagai sebuah lembaga yang melakukan aktifitas pelayanan, maka perpustakaan berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanannya, agar dapat memenuhi kebutuhan dari para pemustaka. Oleh karena itu Perpustakaan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mengadakan Seminar Nasional Perpustakaan dengan topik:

" Urgensi Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi"

Pada tangal dan waktu sebagai berikut:

Kamis, 28 Oktober 2021

13.00 WITA - selesai

VIA ZOOM

https://zoom.us/j/8659548245?pwd=dWVYdGhwRHNBbTdQR...

Meeting ID: 865 954 8245

Passcode: UHNJAYA

Live Streaming on Youtube

Narasumber:

Drs. Supriyanto, M.Si

(Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas RI)

Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum

(Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Udayana)

Moderator:

Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos., M.Si

(Dosen Ilmu Komunikasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)

Artikel Perpustakaan Lainnya

ORGANISASI PENGHAYAT : PAGUYUBAN EKLASING BUDI MURKO (PEBM) ORGANISASI PENGHAYAT : PAGUYUBAN EKLASING BUDI MURKO (PEBM)
 13 January 2014  5128

Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah penganut kepercayaan yang menghayati kepercayaan terhadap Tuhan Yang...

Peran Perpustakaan dalam Mendukung Kinerja Instansi Peran Perpustakaan dalam Mendukung Kinerja Instansi
 11 January 2014  2772

Perpustakaan instansi masuk ke kategori perpustakaan khusus. MenurutOnline Dictionary for Library and Information Science,...

SEMINAR PENULISAN DAN PENERBITAN ARTIKEL OPINI BERLISENSI CREATIVE COMMON SEMINAR PENULISAN DAN PENERBITAN ARTIKEL OPINI BERLISENSI CREATIVE COMMON
 28 February 2021  1016

SEMINAR PENULISAN DAN PENERBITAN ARTIKEL OPINI BERLISENSI CREATIVE COMMON Syiah Kuala University Press mengundang para penulis,...

FUNGSI SELOKAN MATARAM BAGI  DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA FUNGSI SELOKAN MATARAM BAGI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 28 December 2013  2594

Latar BelakangKarakter suatu lingkungan dapat dinyatakan dalam empat komponen yang meliputi tatanan alamiah (natural setting),...