DPAD Yogyakarta

Seminal Nasinal

 Artikel Perpustakaan  28 October 2021  Hendrikus Franz Josef, M.Si  277  1871
Seminal Nasinal


Seminar Nasional

Saat ini, berbagai perguruan tinggi dan universitas mengupayakan pembangunan perpustakaan digital dan mengalokasikan sumberdaya keuangan untuk pengembangan hardware perpustakaan mereka.Website perpustakaan dibangun, Online Public Access Catalog dapat kita nikmati, serta kunjungan offline dengan ruang yang nyaman, bangku dan perabot yang berkualitas serta menarik.Namun, kitapun juga dapat melihat bahwa sumberdaya manusia baik dalam sisi manajerial maupun dalam layanan informasi masih jauh dari harapan.Tingkat kualitas manajemen pengelolaan perpustakaan dan layanan informasi sangat tergantung dari kualitas sumberdaya manusia.Hal ini menjadi masalah utama bagi perpustakaan universitas untuk beradaptasi pada situasi baru di era jaringan informasi dan komunikasi yang demikian pesat

Kualitas layanan perpustakaan mengacu kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Maka perpustakaan yang baik merupakan perpustakaan yang dapat memberikan pelayanan kepada setiap pemustaka secara cepat dan tepat. Adapun teori yang digunakan dalam kajian ini antara lain: Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, faktor penentu kualitas pelayanan dan pengawasan. Pembahasannya adalah Kualitas total suatu jasa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: word of mouth communication, personal need, past experience, external communications to customer. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kualitas layanan pada sebuah lembaga yaitu tujuan organisasi, sistem insentif yang dipakai, sistem akuntabilitas dan struktur kekuasaan. Sebagai sebuah lembaga yang melakukan aktifitas pelayanan, maka perpustakaan berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanannya, agar dapat memenuhi kebutuhan dari para pemustaka. Oleh karena itu Perpustakaan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mengadakan Seminar Nasional Perpustakaan dengan topik:

" Urgensi Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi"

Pada tangal dan waktu sebagai berikut:

Kamis, 28 Oktober 2021

13.00 WITA - selesai

VIA ZOOM

https://zoom.us/j/8659548245?pwd=dWVYdGhwRHNBbTdQR...

Meeting ID: 865 954 8245

Passcode: UHNJAYA

Live Streaming on Youtube

Narasumber:

Drs. Supriyanto, M.Si

(Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas RI)

Richard Togaranta Ginting, S.Sos., M.Hum

(Dosen Ilmu Perpustakaan Universitas Udayana)

Moderator:

Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos., M.Si

(Dosen Ilmu Komunikasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)

Artikel Perpustakaan Lainnya

GERAKAN RAKYAT YOGYAKARTA PADA MASA REVOLUSI GERAKAN RAKYAT YOGYAKARTA PADA MASA REVOLUSI
 16 January 2014  5179

Untuk memperoleh gambaran Gerakan rakyat Yogyakarta setelah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 kiranya terlebih dahulu...

Abstrak artikel Abstrak artikel " Human issues of library and information work"
 7 March 2012  2587

Ter mengunggah artikel

COMMUNICATION SKILL FOR LIBRARIAN COMMUNICATION SKILL FOR LIBRARIAN
 27 August 2017  10178

PAPERS TITLE: COMMUNICATION SKILL FOR LIBRARIAN WRITER: HENDRIKUS FRANZ JOSEF, M.Si ...

MAJALAH DINDING ELEKTRONIK   (e-mading) MAJALAH DINDING ELEKTRONIK (e-mading)
 24 September 2013  23173

MAJALAH DINDING ELEKTRONIK  (e-mading)   oleh : SulistyadiA.    KONSEP UMUMKreativitas dapat ditemukan dalam setiap aspek...