DPAD Yogyakarta

Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Petugas Puskesmas dan Sekolah

 Event  12 November 2010  Super Administrator  3341

Bimbingan Teknis Kearsipan

bagi Petugas Puskesmas dan Sekolah

di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta

 

Oleh : Anna N. Nuryani, Dra

 

Dalam rangka mengembangkan bidang kearsipan masih  sering ditemukan beberapa permasalahan klasik   , diantaranya terkait dengan Sumber Daya Manusia, sarana prasarana serta anggaran yang masih terbatas dan minim, yang belum  menjadi prioritas perhatian dari pimpinan/pengambil kebijakan.

Bagaimana cara menunjukkan bahwa arsip itu penting ? yaitu dengan kita harus dapat menghargai keberadaan arsip dan menghargai pengelolaan arsip  itu sendiri. Sehingga melalui pengelolaan arsip tersebut akan tercermin tingkat kemajuan suatu Pemerintahan atau Bangsa.

Sehubungan dengan kondisi ini, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta, yang merupakan lembaga pembina kearsipan di lingkungan Kota Yogyakarta selama 3 hari , mulai 9 – 11 November  2010, telah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Petugas Puskesmas dan Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Bimbingan Teknis Kearsipan tersebut diselenggarakan di Hotel Matahari , Jl. Parangtritis dengan peserta sebanyak 52 orang.

Untuk dapat mengelola arsip di masing masing SKPD dibutuhkan SDM yang memiliki kecerdasan, ketrampilam, ketelitian, dan keahlian.  Sedangkan realita-realita keterbatasan itu adalah tantangan. Oleh karena itu langkah yang diambil oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan SDM yang menangani kearsipan di SKPD merupakan langkah tepat untuk semakin mengembangkan bidang kearsipan.

Materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis tersebut selain dalam bentuk ceramah juga disertai praktek,  dengan harapan setelah peserta kembali ke SKPDnya masing –masing  dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat melalui  forum bintek tersebut.

 

 

 

                                   

 

 

 

Event Lainnya

Pameran Kearsipan 2013 Pameran Kearsipan 2013
 14 January 2013  1975

Dalam rangka ikut memeriahkan Pasar Malam Perayaan Sekaten Maulid Nabi Muhammad setiap tahunnya, pada tahun 2013 ini Badan...

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN 2013 FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN 2013
 4 April 2012  2519

Badan perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta pada tahun anggaran 2012 menyelenggarakan rapat koordinasi...

bimtek pustakawan bimtek pustakawan
 8 March 2012  1700

bimtek ini diikuti 30 orang, selama 5 hari  dari tanggal 5 - 9 Maret 2012

Peranan Kinerja di SKPD pada Bidang Kearsipan Peranan Kinerja di SKPD pada Bidang Kearsipan
 9 December 2009  2450

Penyelenggaraan good governance memerlukan adanya kewajiban instansi pemerintah untuk menyampaikan pertanggungjawaban...