DPAD Yogyakarta

KUNJUNGAN KERJA : KOMISI 1 DPRD PROVINSI JAWA BARAT

 Kearsipan  7 December 2022  admin-utama  199
KUNJUNGAN KERJA : KOMISI 1 DPRD PROVINSI JAWA BARAT

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menerima kunjungan kerja dari Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat, pada hari Rabu, 7 Desember 2022 bertempat di R.R Lantai Dasar, Gedung Depo Arsip.

Rombongan yang berjumlah 25 orang tersebut, dipimpin Ketua Komisi I Bedi Budiman didampingi Wakil Ketua Komisi I Sabil Akbar dan Sekretaris Komisi Sadar Muslihat. Tujuan yang dimaksud dalam rangka memperoleh masukan dan informasi terkait tata kelola penaganan arsip pemerintah dan arsip sejarah dari DPAD DIY.

Kunjungan kali ini sangat spesial, penyambutan dilakukan secara langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, didampingi Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani MM.

Dalam sambutannya, mewakili Gubernur DIY, Sri Paduka mengatakan Pemda DIY membangun Diorama Arsip Jogja, sebagai informasi tentang sejarah berdirinya DIY secara runtut, dari masa Panembahan Senopati hingga Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Diorama tersebut dibangun dengan teknologi hologram yang bersifat interaktif serta teknologi Augmented Reality.

"Melestarikan tidak hanya bentuk fisik buku dan arsip, tapi bisa mengemas arsip pembangunan yang bernilai historis. Kami tidak ingin generasi muda kemudian hilang arah, tidak mengetahui asal-usul mereka, supaya tidak makin jauh panggang dari api." ungkap Sri Paduka.

Selain itu, Sri Paduka juga mengungkapkan pengelolaan pengarsipan dan persuratan Pemda DIY menggunakan SISMINKADA (Sistem Administrasi Perkantoran Daerah) secara online. Saat ini juga telah dimulai Tata Persuratan dan Pengarsipan dengan menggunakan sistem paperless melalui Aplikasi e-Office, pengembangan dari SISMINKADA.

"Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Saya menyampaikan ucapan selamat datang di Yogyakarta kepada seluruh rombongan yang telah berkenan untuk melakukan kunjungan. Juga tak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Yogyakarta sebagai lokasi kunjungan. Semoga kunjungan dapat berjalan dengan baik dan lancar dan untuk itulah kami akan selalu berusaha dapat membantu seoptimal mungkin". tutur Sri Paduka.

Sementara itu, Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani menjelaskan Diorama Arsip Jogja yang ada di DPAD DIY ini dibangun melalui dukungan Dana Keistimewaan dengan total anggaran 18 miliar. selain itu pembangunan Diorama Arsip Jogja ini mengedepankan teknologi dengan memakai AR (Augmented Reality) yang dapat diunduh di website arsipjogja.id, aplikasi ini untuk menunjang supaya anak muda tertarik untuk datang.

"Sejak diresmikan Gubernur DIY pada Februari 2022,dan mulai regular dibuka per 1 Maret 2022, pengujung yang datang telah mencapai 16 orang, dengan 10 trip/hari. Selain itu mulai per 1 November 2022 Diorama Arsip Jogja mulai diberlakukan tarif sesuai dengan Pergub DIY Nomor 46 Tahun 2022, besaran tarifnya untuk kalangan pelajar/mahaiswa Rp. 20.000,-, untuk masyarakat umum Rp. 30.000,-, untuk wisatawan asing Rp. 100.000,-, dan untuk vlog/liputan/contet creator yang bersifat komersil dipatok harga Rp. 250.000,-" ungkap Monika.

Adapun Diorama Arsip Jogja ini menyuguhkan 18 ruangan kepada pengujung. Mulai dari Kebangkitan dan Kejayaan Mataram; Prahara Mataram dan Intervensi VOC, Kasultanan Yogyakarta; Geger Sepehi; Puro Pakualaman; Perang Jawa; Selokan Mataram; Yogyakarta Ibu Kota Revolusi; Penataan Pemerintah DIY; Yogyakarta Kota Pendidikan; Yogyakarta Kota Kebudayaan; Yogyakarta Kota Pariwisata; Pisowanan Ageng 1998; Kebencanaan; dan Keistimewaan Yogyakarta.

(Humas)

Kearsipan Lainnya

MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI INDONESIA KENDALA DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI INDONESIA KENDALA DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA
 24 May 2018  3253

Kehidupan pada era milenium ketigabukan hanya berdimensi domestik tetapi global. Hilangnya sekat antar bangsa secara konvensional...

Pameran Kearsipan dalam Rangka Perayaan Sekaten Tahun 2015 Pameran Kearsipan dalam Rangka Perayaan Sekaten Tahun 2015
 8 December 2015  1600

Pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2015 bertempat di KagunganDalem Gadri Kasatriyan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat...

MENGENAL SISTEM KEARSIPAN  DI TIM PENGGERAK PKK  Oleh Rusidi, Arsiparis Madya BPAD DIY. MENGENAL SISTEM KEARSIPAN DI TIM PENGGERAK PKK Oleh Rusidi, Arsiparis Madya BPAD DIY.
 3 February 2016  1727

Rusidi, seorang Arsiparis Madya BPAD DIY. Beberapa waktu yang lalu Beliau menjadi narasumber di Kantor Tim Penggerak PKK di DIY...

Strategi Menyelamatkan Arsip Sejak Dini Strategi Menyelamatkan Arsip Sejak Dini
 19 November 2015  1133

Arsip merupakan rekaman informasi dan bukti kegiatan yang harus dikelola dengan baik agar sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan...