DPAD Yogyakarta

Pameran Kearsipan di Kraton Yogyakarta

 Event  7 April 2008  Super Administrator  2506

Bertepatan dengan diselenggarakannya pesta tradional masyarakat Yogyakarta yang jatuh pada bulan ”MULUD” tahun Jawa pada tahun ini / tahun 2008 Kraton Yogyakarta menggelar pameran  yang berlokasi di Pagelaran dan Siti Hinggil Kraton Yogyakarta.            

Sebagai wujud peran serta dan keterlibatan Kantor Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pameran tersebut, maka  Kantor Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ikut ambil peranan dan ini telah dilakukan setiap tahunnya dalam pameran. Untuk tahun ini Kantor Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengambil thema ” Merajut Sejarah Memaknai Keistimewaan dan Peran Yogyakarta untuk Indonesia”  dengan menampilkan khasanah  arsip baik tekstual maupun  foto, antara lain :  

 

1.      Materi  Demokrasi dan Otonomi :

  • Rencana Undang-undang Pembentukan Haminte Kota Yogyakarta Tahun 1948.
  • Demokratisering Desa di daerah Istimewa Yogyakarta

2.      Materi Daerah Istimewa Yogyakarta:

  • Penegasan  penulisan kata ”Jogyakarta” ditulis dengan ”Yogyakarta” sesuai ejaan baru, Tahun 1972. 
  • Undang-undang Pokok Pemerintahan Daerah Nomor 22 Tahun 1948

3.      Penetapan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

  • Persetujuan dari Sri Paku Alam VIII Pj. Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta pencabutan Keppres No. 340/M Tahun 1988 dengan diganti Keputusan Presiden yang baru yang menetapkan Sri sultan Hamengku buwono X menjadi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1998. 
  • Keputusan Presiden RI tentang pemberhentian sri Paku alam VIII sebagai Pj. Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta dan pengangkatan Sri Sultan Hamengku buwono X sebagai Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 1998.

4.      Dwi tunggal

  • Sri Sultan Hamengku Buwono IX menerima ucapan selamat setelah mendapat penghargaan sebagai Jenderal Kehormatan, Tahun 1960.
  • GRM. Dorojatun setelah selesai berkunjung ke Istana Presiden (Gedung Agung) menjelang pelantikannya sebagai Sultan IX, Tahun 1940.
  • Presiden Sukarno meninggalkan Ssiti Hinggil setelah selesai upacara pemberian bintang gerilya kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX, tahun 1959.
  • Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku alam VIII pada pertemuan peninjauan di Kabupaten Gunung Kidul, tahun 1958.

5.      Yogyakarta bicara Fakata:

  • Pengumuman upacara penyerahan kedaulatan dan pamitnya Presiden RIS ke Jakarta, Tahun 1949.
  • Pidato mendukung kembalinya UUD 1945 dalam Rapat Umum di Alun-alun Utara  Yogyakarta.
  • Surat Kawat dari keluarga Simatupang kepada keluarga Hidayat tentang kondisi perjuangan di Yogyakarta saat agresi Belanda. Tahun 1949.
  • Piagam penyerahan kedaulatan dari Pemerintah Belanda kepada Pemerintah Indonesia. Tahun 1949.
  • Suasana rapat umum pembebasan Irian barat di Alun-alun Utara Yogyakarta. Tahun 1957.  

Pameran Kearsipan dilaksanakan mulai tanggal 12 sampai dengan 20 Maaret Tahun 2008 dibuka untuk umum, bertempat di Siti Hinggil Kraton Yogyakarta. Buka Pagi dan Malam.

Event Lainnya

FGD Rancang Bangun Perpustakaan FGD Rancang Bangun Perpustakaan
 18 December 2013  2181

Enam Perpustakaan “istimewa” yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki aset manuskrip yang luar biasa, namun...

Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Umum Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Umum
 9 November 2010  5574

Peraturan Gubernur DIY Nomor 45 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) Umum Pemerintah Provinsi DIY telah ditetapkan tahun 2009 yang...

PENANDATANGAN PAKTA INTEGRITAS BAGI PNS BPAD PROVINSI DAERAH IST PENANDATANGAN PAKTA INTEGRITAS BAGI PNS BPAD PROVINSI DAERAH IST
 18 April 2012  1962

Badan perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta pada hari Senin , tanggal 9 April 2012 dimulai pada pukul...

Penyusunan  Jadwal Retensi Arsip  Pemerintah Provinsi DIY Penyusunan Jadwal Retensi Arsip Pemerintah Provinsi DIY
 16 October 2010  2736

Penyusunan Jadwal Retensi Arsip Pemerintah Provinsi DIYOlehAnna Nunuk Nuryani, DraArsiparis Madya BPAD Provinsi DIYArsip...