DPAD Yogyakarta

Perpustakaan UGM Kembangkan Layanan WoW

 Perpustakaan  2 July 2014  Super Administrator  2403

YOGYAKARTA, Perpustakaan UGM berencana menambah layanan baru yaitu Windows of  the World (WoW). Windows of the World adalah salah satu bentuk layanan yang dirancang menyediakan informasi mengenai kekhasan dan kekayaan Indonesia, serta negara lain di berbagai belahan dunia.

Kepala Perpustakaan UGM, Dra Nawang Purwanti MLib menjelaskan, sebagai pusat informasi dan pembelajaran perpustakaan UGM terus berupaya bergerak dinamis dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan informasi.

Berbagai upaya dilakukan untuk memperkuat fungsi perpustakaan dalam penyediaan referensi dan sumber informasi untuk kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan pengembangan jenis layanan.

"Ke depan perpustakaan UGM akan membuka layanan baru yakni Windows of the World. Dari layanan itu harapannya bisa menjadi jendela bagi segenap civitas akademika untuk mempelajari bangsa-bangsa lain di dunia secara lebih dekat," terangnya di Perpustakaan UGM.

Dijelaskan, WoW menyediakan layanan Indonesia Indigenous Resources Center, International Corner, dan Institusional corner. Layanan itu memberikan kesempatan kepada civitas akademika dan juga masyarakat pengguna perpustakaan untuk mengakses informasi terkait budaya, nilai, dan informasi dari Indonesia dan belahan dunia lainnya.

Nantinya seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat luas dapat mengakses informasi dari buku-buku dan sumber informasi virtual serta berbagai kursus dan pameran yang disediakan oleh mitra UGM. 

Lebih lanjut disampaikannya, WoW dirancang dengan menjadikan perpustakaan sebagai  jendela yang terhubung dengan pusat akses lain yaitu rumah budaya dan rumah internasional, pusat-pusat studi berbasis kewilayahan, organisasi mahasiswa, dan mitra lain internal dan eksternal UGM.

Harapannya melalui jendela Wow seluruh civitas akademika UGM dapat memiliki pengalaman merasakan kebudayaan dan situasi di belahan negara lain baik lewat  informasi, pameran, maupun kursus-kursus dan program-program yang diselenggarakan.

Sumber: suaramerdeka.com

Perpustakaan Lainnya

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Perpustakaan Dituntut Bertransformasi Hadapi Revolusi Industri 4.0, Perpustakaan Dituntut Bertransformasi
 29 March 2018  2242

Menghadapi revolusi industri 4.0 dengan era digitalisasi, perpustakaan pun harus beradaptasi atas perkembangan zaman. Sebab...

MATERI BIMTEK PERPUS SEKOLAH SMA/SMK/SLB MATERI BIMTEK PERPUS SEKOLAH SMA/SMK/SLB
 24 April 2018  1289

Silahkan Download materi Bimtek pada Format PDF diatas

Ini Dia.. Perpustakaan Sekolah Yang Akan Mewakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tahun 2019 Ini Dia.. Perpustakaan Sekolah Yang Akan Mewakili DIY dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tahun 2019
 6 May 2019  3707

Dinas Perpustkakaan dan Arsip Daerah DIY bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Sekolah...

Peningkatan Kinerja Triwulan III dan Triwulan IV Peningkatan Kinerja Triwulan III dan Triwulan IV
 23 July 2016  937

Kamis, 21 Juli 2016telah diadakan Rapat Monitoring danEvaluasi pelaksnaan program kegiatan semester I. Acara tersebut dibuka...