DPAD Yogyakarta

STUDI TIRU DARI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BANTAENG, PROVINSI SULAWESI SELATAN

 Perpustakaan  16 November 2022  admin-mas  444
STUDI TIRU DARI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BANTAENG, PROVINSI SULAWESI SELATAN

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menerima Studi Tiru dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Rabu (16/11/2022) bertempat di R.R Werkudara, DPAD DIY.

Rombongan yang berjumlah 19 orang tersebut dipimpin oleh Asrudin, S.IP. M.Si dan Sekretaris Dinas Hj. Aqidah, S.E. Adapaun tujuan studi tiru ini dalam rangka peningkatan layanan perpustakaan Umum, Daerah, Sekolah, Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Bantaeng, selain itu meningkatkan kualitas SDM Pengelola Perpustakaan Daerah dan Tenaga Fungsional Pustakawan.

Kepala Balai Layanan Perpustakaan Dewi Ambarwati, S.Sos, M.AP yang mewakili Kepala DPAD DIY, didampingi juga oleh Fauziah Yulianti, S.S (Kepala Seksi Layanan Menetap, Balaiyanpus) dan Fuad Muhammad Fahcrudin, S.S (Penerjemah Ahli Pertama) menerima rombongan.

Dalam paparannya Kepala Balai Layanan Perpustakaan menyampaikan dan mengenalkan tugas dan fungsi pokok dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD DIY) dan Balai Layanan Perpustakaan (Balaiyanpus).
Khususnya Balai Layanan Perpustakaan memiliki tugas melaksanakan pelayanan bahan pustakan untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, dengan susunan organisasi 1 Kepala Balai, 1 Kepala Subbagian Tata Usaha, dan 2 Kepala Seksi (Seksi Layanan Ekstensi dan Seksi Layanan Menetap). Selain Gedung Grhatama Pustaka sebagai Induk Perpustakaan, ada juga layanan perpustakaan yang terdapat di Jogja Library Center yang terletak di Jl. Malioboro, Rumah Belajar Modern (RBM) yang terletak di Jl. Imogiri Barat, Sewon dan 10 Titik Pojok Baca yang tersebar di Layanan Publik seperti Samsat, Bank BPD DIY, Kantor Pajak Pratama (KPP), Pengadilan Negeri, Polresta, dan RSUD Kota Yogyakarta.

Setelah pemaparan dirasa cukup, Rombongan berkeliling ke Gedung Grhatama Pustaka dan diperlihatkan proses layanan perpustakaan umum, dan proses pembuatan anggota baru yang sudah menggunakan otomatisasi perpustakaan.

Perpustakaan Lainnya

TELAAH PUSTAKA BUDAYA JAWA “NOVEL BAHASA JAWA” TELAAH PUSTAKA BUDAYA JAWA “NOVEL BAHASA JAWA”
 26 April 2018  5774

TELAAH PUSTAKA “NOVEL BAHASA JAWA”Telaah Pustaka Budaya Jawa Edisi Bulan April 2018 diselenggarakan oleh BPAD DIY mengangkat...

Rakornas perpustakaan Rakornas perpustakaan
 28 January 2020  429

Pada tanggal 28 Januari 2020 diadakan Rakor Perpustakaan di DPAD DIY. Salah satu pembicara adalah Dr. Hadiyat, MA, Direktur...

Pemasyarakatan Budaya Jawa dengan Tema “Etika Jawa” Pemasyarakatan Budaya Jawa dengan Tema “Etika Jawa”
 17 March 2015  1409

Saat ini, nilai-nilai budaya jawa kiantergerus oleh arus globalisasi. Untuk melestarikan warisan budaya jawa, BPADDIY...

Perpustakaan Digital Microsoft Academic Search (MAS) Perpustakaan Digital Microsoft Academic Search (MAS)
 20 January 2020  1902

Perpustakaan Digital Microsoft Academic Search (MAS)Salah satu perpustakaan online digital khusus pencarian berbagai materi...