DPAD Yogyakarta

60 Sekretaris Desa/Kelurahan Mengikuti Program Arsip Masuk Desa

 Artikel Perpustakaan  19 October 2009  Super Administrator  4095
60 Sekretaris Desa/Kelurahan Mengikuti Program Arsip Masuk Desa

Desa/kelurahan merupakan ujung tombak layanan Pemerintah kepada masyarakat,oleh karena itu arsip-arsip yang ada di desa/kelurahan sudah selayaknya tertata dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar setiap masyarakat yang membutuhkan pelayanan akan dapat dilayani dengan cepat ,tepat dan akurat.

Sehubungan dengan tujuan untuk meningkatkan layanan prima inilah, Arsip Nasional RI ( ANRI ) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DIY melalui dana Dekonsentrasi pada tanggal 1 - 3 Oktober 2009 telah menyelenggarakan Diklat Teknis Kearsipan bagi Sekretaris Desa/Kelurahan se Provinsi DIY. Diklat ini dilaksanakan di Hotel Ros In, Jl. Lingkar Selatan 110 Yogyakarta.

Diklat Teknis Kearsipan bagi Sekretaris Desa /Kelurahan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi DIY, Drs. Ichsanuri dan dihadiri oleh Kepala Pusat Diklat Arsip Nasional RI, Chatarina Saptorini, SH,M.Si.

Kepedulian Arsip Nasional RI terhadap Pemerintah Desa ini telah dibuktikan dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 08 Tahun 2009 Tentang Program Arsip Masuk Desa. Program ini akan dilaksanakan berkesimambungan mulai tahun 2009 sampai dengan 2014, dengan target agar seluruh Sekretaris Desa / Kelurahan memahami pengelolaan arsip.

Peserta yang mengikuti Diklat Teknis Kearsipan ini adalah Sekretaris Desa/Kelurahan yang berasal dari 5 kabupaten/kota. Masing-masing kabupaten/kota diwakili oleh 12 peserta yang sudah diangkat menjadi PNS. Yang menarik dari peserta yang mengikuti diklat ini adalah minimnya peserta perempuan, yaitu dari jumlah 60 orang peserta hanya ada 8 peserta perempuan yang semuanya berasal dari Kota Yogyakarta .

Materi yang disampaikan dalam Diklat Teknis Kearsipan tersebut meliputi, kebijakan kearsipan baik nasional maupun daerah, tata naskah dinas , pengurusan surat, penataan berkas , dan pengenalan teknologi informasi dalam pengelolaan arsip di desa / kelurahan . Arsip Nasional RI dengan materi aplikasi TI telah memberikan program dalam bentuk CD yang harus diterapkan di masing-masing desa / kelurahan. Semoga bermanfaat dan sukses.

Artikel Perpustakaan Lainnya

Upacara Tradisional Dulkaidahan Upacara Tradisional Dulkaidahan
 13 January 2014  1819

Bangsa Indonesia mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam yang diwariskan oleh leluhur kita yang tersebar di berbagai wilayah....

Mengenal Walter Bentley Woodbury, Penemu dan Fotografer Pertama Mengenal Walter Bentley Woodbury, Penemu dan Fotografer Pertama
 16 December 2013  2643

 Mengenal Walter Bentley Woodbury Penemu dan Fotografer Pertama di Hindia Belanda Oleh: Wahyu Dona Pasa Sulendra, S.IP Walter...

KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTABARU YOGYAKARTA KAWASAN CAGAR BUDAYA KOTABARU YOGYAKARTA
 28 December 2013  5346

Yogyakarta memiliki peninggalan-peninggalan karya arsitektur yang bernilai tinggi dari segi kesejarahan maupun arsitekturalnya,...

BEBERAPA SENJATA TRADISIONAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BEBERAPA SENJATA TRADISIONAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 10 January 2014  6507

Pendahuluan            Setiap bangsa di dunia dapat dipastikan memiliki senjata untuk menghadapi lingkungannya, baik...