DPAD Yogyakarta

PENANDATANGANAN BERITA ACARA PEMUSNAHAN DAN PENYERAHAN ARSIP STATIS PERANGKAT DAERAH

 Kearsipan  13 October 2022  admin-mas  431
PENANDATANGANAN BERITA ACARA PEMUSNAHAN DAN PENYERAHAN ARSIP STATIS PERANGKAT DAERAH

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Penandatangan Berita Acara Pemusnahan dan Penyerahan Arsip Statis Perangkat Daerah di Linkungan Pemerintah Daerah DIY pada Kamis (12/10) bertempat di Ruang Wekudara, LT.2 Gedung Depo Arsip. Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah DIY Drs. R Kadarmanta Baskara Aji, Inspektur DIY Muhammad Setiadi, S.Pt, M.Acc, dan perwakilan instansi/perangkat daerah pencipta arsip.

Mengawali dengan sambuta Dra. Monika Nur Lastiyani, MM Kepala DPAD DIY menyampaikan terima kasih kepada Bapak Sekretaris Daerah DIY yang ditengah kesibukannya yang luar biasa berkenan menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini.

“DPAD DIY tidak pernah sepi pengunjung, dan hal ini berdampak positif terhadap penggunaan dan pemanfaatan khasanah arsip yang ada di DPAD DIY.” Ungkap Monika. Jumlah pengujung Diorama Arsip Jogja dari bulan Maret s.d September 2022 berjumlah 14.706 pengujung, dan pengguna arsip yang berkunjung secara langsung berjumlah 878 pengujung, data tersebut mengalami kenaikan sebesar 59.11% dari tahun 2021 yang berjumlah 519 pengujung.

Peningkatan jumlah pengguna arsip ini memotivasi kami untuk menambah khasanah sehingga kebutuhan informasi public dapat terpenuhi, salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan melakukan penilaian arsip yang berada di Gedung Depo Arsip yang berasal dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

Penyerahan Arsip juga dilakukan Perangkat Daerah yang akan disimpan di Depo Arsip DPAD DIY. Adapaun instansi yang menyerahkan diantaranya :

a) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) DIY,2 box, 13 berkas jenis arsip tentang laporan tahunan, laporan akuntabiitas kinerja, dan rencana strategis (arsip kurun waktu tahun 2009 s.d 2011)

b) Badan Penghubung Daerah (BANHUBDA) , 108 berkas berisi tentang eks Kaperda antara lain rekapitulasi inventaris laporan asset, LAKIP, laporan keuangan, dan dokumen perencanaan (arsip kurun waktu 2022 s.d 2008)

c) Dinas Pariwisata DIY menyerahkan 19 berkas berisi tentang pengembangan kawasan strategis, statistic pariwisata, dan renstra pembangunan kepariwisataan (dengan kurun waktu tahun 2006 s.d 2016).

d. Dinas menyerahkan 2 box, 48 berkas yang berisi tentang sambutan Gubernur dan Wakil Gubernur, undangan, dan peresmian pembangunan (kurun waktu 2010 s.d 2015)

Selain itu DPAD DIY juga menilai arsip dari Ex Badan Perekonomian Inventasi dan Aset Daerah, Dinas Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial. Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Inspektorat Wilayah Provinsi, Kas Daerah, Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perpustakaan Nasional, Dinas Perindustrian, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Kententraman dan Ketertiban, Cabang Dinas P & K, Departement Sosial, Sekretariat Dewan dan Setwilda Propinsi DIY yang tercipta tahun 1940 s.d 2004. Jumlah keseluruhan sebanyak 20.600 berkas dan dari 20.600 berkas, sebanyak 18.924 berkas dapat dimusnahkan, dan 1.674 berkas merupakan arsip permanen yang akan diserahkan untuk dilayankan ke masyarakat. Berkas yang nantinya di musnakah oleh UD. Samak Jaya Karton, Mungkid, Kabupaten Magelang.

Sebagai Kata Penutup. Sekretaris Daerah DIY menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah DIY memiliki Depo penyimpanan arsip yang representative, karena dilakukan fumigasi sehingga arsip yang tersimpan di DPAD DIY terjaga dan terawat. Selain itu DPAD DIY khususnya Depo Arsip juga bisa menerima penitipan arsip dari instansi vertical di DIY bahkan perusahaan swasta yang ada di DIY, ungkap Bapak Sekda.

Kearsipan Lainnya

Sejarah Singkat Kabupaten Bantul Sejarah Singkat Kabupaten Bantul
 8 March 2018  19753

Kabupaten Bantuladalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibukotanya adalah Bantul. Moto kabupaten ini adalah...

BPAD DIY Menerima Kunjungan dari SMK Taruna Bangsa Ciamis BPAD DIY Menerima Kunjungan dari SMK Taruna Bangsa Ciamis
 22 January 2018  1399

Senin, 22 Januari 2018 BPAD DIY menerima kunjungan dari SMK Taruna Bangsa Ciamis sebanyak lebih orang 50 orang dari jurusan...

PELATIHAN PENGELOLAAN KEARSIPAN BAGI PENGELOLA LANSIA DESA TEGALTIRTO PELATIHAN PENGELOLAAN KEARSIPAN BAGI PENGELOLA LANSIA DESA TEGALTIRTO
 22 October 2016  1712

Pengelola lansia(lanjut usia) selain berhubungan dengan orang tua lanjut usia juga berhubungandengan hal-hal lain yang bersifat...

EXPOSE HASIL PEMBINAAN KEARSIPAN OPD-UPTD PEMDA DIY TAHUN 2022 EXPOSE HASIL PEMBINAAN KEARSIPAN OPD-UPTD PEMDA DIY TAHUN 2022
 23 November 2022  511

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY melalui Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sistem Kearsipan (PPSK) menyelenggarakan...